Pesan Anggota Bawaslu RI Terhadap Panwascam Se-Kota Medan

Pesan Anggota Bawaslu RI Terhadap Panwascam Se-Kota Medan
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus berani menegakan kebenaran dan keadilan Pemilu. Hal ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dalam bertindak sebagai penyelenggara.

Demikian disampaikan Anggota Bawaslu Republik Indonesia, Fritz Edward Siregar, dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Peningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Medan, Rabu (22/7) malam.

Fritz yang merupakan Kordiv Hukum Bawaslu RI ini kembali mengajak seluruh jajaran Panwascam agar benar-benar paham dan mengerti tahapan penyelenggaraan Pemilu. Sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsinya Panwascam bisa bertindak tegas.

"Perlu diingat, menjadi pengawas dalam Pemilu harus berani katakan benar dan berani katakan salah kalau itu salah," tegasnya.

Selain itu, Fritz juga mengajak seluruh jajaran Panwascam agar mengerti tahapan coklit yang sedang berlangsung. Harapannya Panwascam bisa bekerja sama satu sama lain dalam menjalankan tugas secara kolektif kolegial.

"Pekerjaan harus dikerjakan bersama, dengan memutuskan sesuatu masalah bersama dengan berdiakusi. Makanya, kita harus mau belajar sebelum bertindak sebagai penyelenggara," imbaunya.

Mengenai teknis kerja dalam penyelenggaran, Fritz menjelaskan, Laporan Hasil Pengawasan Pemilu (LHPP) dalam form A harus benar-benar paham dalam menuangkan setiap rangkaian pengawasan.

"Setiap pengawasan yang kita jalankan harus dituangkan dalam Form A. Dokumen ini adalah dasar dari segala sesuatunya, dokumen ini adalah bahan dasar untuk dibawa sampai tingkat Mahkamah Agung," jelasnya di hadapan sejumlah Komisioner Bawaslu Sumut dan Kota Medan.

Sebelum menutup paparannya, Fritz mengaku, saat ini Bawaslu RI sedang merancang program pengawas terhadap media sosial dalam kepemiluan.

"Program itu akan segera diterapkan, sistem kerjanya nanti melalui Pokja. Jadi, marilah kita awasi Pilkda serentak ini dengan seksama dengan memahami Tupoksi sebagai penyelenggara," tukas Fritz.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap, mengapresasi penyampaian motivasi dan pemahaman tentang kepemiluan yang diberikan oleh Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, kepada Panwascam se-Kota Medan.

"Dengan adanya penjelasan yang disampaikan, akan memberikan kapasitas pemahaman bagi Panwas Kecamatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak yang sedang berlangsung," ujar Payung.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi