Tertular Pemiliknya, Seekor Kucing Positif Covid-19

Tertular Pemiliknya, Seekor Kucing Positif Covid-19
Ilustrasi kucing sedih. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, London - Seekor kucing peliharan dilaporkan positif tertular Corona (Covid-19).

Kucing peliharaan ini diyakini sebagai hewan pertama yang terinfeksi Covid-19 di wilayah Inggris.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (28/7), otoritas Inggris meyakini kucing itu tertular dari pemiliknya.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan terlibat dalam penularan penyakit kepada pemiliknya atau bahwa hewan peliharaan atau hewan domestik lainnya mampu menularkan virus kepada manusia," tegas otoritas Inggris dalam pernyataannya.

Ditambahkan otoritas Inggris bahwa si kucing peliharaan itu dan pemiliknya telah sembuh sepenuhnya dari virus Covid-19.

"Ini merupakan peristiwa sangat langka, saat hewan yang terinfeksi terdeteksi hanya menunjukkan gejala-gejala klinis ringan dan sembuh dalam beberapa hari," sebut kepala otoritas kesehatan hewan Inggris, Christine Middlemiss, dalam pernyataannya.

"Kita akan terus memantau situasi ini secara saksama dan akan memperbarui panduan kami bagi para pemilik hewan peliharaan jika ada perubahan situasi," imbuhnya.

Dalam kasus ini, seorang dokter hewan setempat awalnya mendiagnosis kucing peliharaan itu dengan virus herpes pada kucing, yang merupakan infeksi pernapasan yang umum pada kucing. Namun sampel dari kucing itu juga dinyatakan positif corona sebagai bagian dari program penelitian.

Sejauh ini, sejumlah kecil hewan, termasuk kucing, dinyatakan terinfeksi Covid-19 di Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Otoritas Inggris menegaskan bahwa tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan situasi ini.

"Pada saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa menularkan penyakit ke manusia," tegas Direktur Medis pada Otoritas Kesehatan Publik Inggris, Yvonne Doyle.

"Sesuai dengan saran umum soal cara memerangi virus Covid-19, Anda harus mencuci tangan secara rutin, termasuk sebelum dan setelah kontak dengan hewan," tegasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi