Jembatan Merdeka Penghubung Dua Desa

Jembatan Merdeka Penghubung Dua Desa
Wakil Bupati Deli Serdang, HMA Yusuf Siregar diatas jembatan gantung Merdeka yang menjadi penghubung Desa Bandar Kuala, Kecamatan Galang, Deliserdang dengan Desa Manggis, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai. (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Deli Serdang – Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengapresiasi atas dibangunnya jembantan gantung ‘Merdeka’, penghubung Desa Bandar Kuala di Kecamatan Galang, dengan Desa Manggis di Kecamatan Serbajadi.

Wakil Bupati Deli Serdang, HMA Yusuf Siregar mengatakan, jembatan itu tentu akan membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian, yang pada akhirnya akan menumbuhkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Itu tentunya kebahagiaan sekaligus kebanggaan bagi kita semua khususnya masyarakat Kabupaten Deliserdang dan Serdang Berdagai," kata Yusufdilansir dari Antara, Selasa (18/8).

Jembatan gantung tersebut dibangun atas bantuan Vertical Rescue Indonesia sepanjang 120 meter dengan lebar 1,2 meter dan dapat menampung beban 1 ton serta dapat dilalui motor.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman mengatakan, jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di dua kabupaten yaitu Desa Manggis di Kabupaten Serdang Bedagai dan Desa Bandar Kuala di Kabupaten Deli Serdang dalam dua simbol yang dinamakan ‘Jembatan Merdeka’.

"Masyarakat desa yang terisolir, sekarang telah terbebas karena memiliki jembatan penghubung. Ini kado terindah di hari kemerdekaan, kata Soekirman.

Ketua Vertical Rescue Indonesia, Teddy Ikhsadiana mengatakan, jembatan itu dibangun bersama-sama dalam program besar VRI yaitu Ekspedisi 1.000 Jembatan Gantung.

"Untuk jembatan Merdeka itu adalah jembatan yang ke-104 dan yang ke-12 yang dibangun VRI bersama TNI, Pramuka, serta masyarakat. Jembatan terpanjang ada di Sukabumi, jembatan terindah ada di perbatasan Timor Leste," ujar Teddy.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi