Aquafarm Nusantara Tebar Benih Ikan Nila di Danau Toba

Aquafarm Nusantara Tebar Benih Ikan Nila di Danau Toba
Tabur benih ikan nila (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Manajemen PT Aquafarm Nusantara menebar 100.000 ekor benih ikan nila (tilapia) di perairan Danau Toba. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen program keberlanjutan "KAMI PEDULI".

"Penebaran benih ikan nila dilakukan di seputaran Pangambatan, Lontung, Silimalombu, dan di Sirungkungon," kata Senior Manager Corporate & Community Affairs PT Aquafarm Nusantara, Dian Octavia, dalam siaran persnya kepada Analisadaily.com, Jumat (21/8).

Penebaran benih itu melanjutkan program keberlanjutan KAMI PEDULI untuk mendukung nelayan dan ketahanan pangan di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.

Penaburan benih dilakukan bersama kepala desa dan kelompok nelayan. Turut hadir Ketua Komisi B DPRD Sumut, Viktor Silaen, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut, Mulyadi Simatupang.

Ditegaskan, penebaran benih ikan tilapia itu merupakan komitmen perusahaan dalam program KAMI PEDULI Komunitas danau dan air yang dilaksanakan perusahaan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba dan Samosir.

Menurut Dian, penebaran benih ikan bertujuan untuk mengembalikan ketersediaan ikan di danau dan mempertahankan keseimbangan ekosistem lingkungan perairan. Program itu juga bertujuan untuk mendukung para nelayan dan mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Dengan peningkatan ketersediaan ikan di danau, maka diharapkan akan meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat sekitar Danau Toba, khususnya nelayan. Penebaran benih ikan tilapia itu biasanya dilakukan perusahaan sebanyak empat kali setahun dengan tetap melibatkan semua pemangku kepentingan.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi