PTPN II Salurkan Dana Bergulir Program Kemitraan pada UKM

PTPN II Salurkan Dana Bergulir Program Kemitraan pada UKM
SEVP Business Support PTPN II, Syahriadi Siregar bersama Kabag Umum Irwan dan Kasubag PKBL Lencang Raswheny Sembiring menyerahkan dana pinjaman program kemitraan kepada pelaku usaha kecil/mitra binaan di Aula Puri Triadiguna, Tanjung Morawa, Kamis (27/8) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjung Morawa – Perkebunan Nusantara II menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun 2020 berupa pinjaman bergulir kemitraan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Besarnya dana yang disalurkan senilai Rp 1.530.000.000. Semua dana program kemitraan penyalurannya melalui tahap evaluasi dan seleksi yang sebelumnya calon mitra binaan sudah mengajukan proposal.

"Jumlah mitra binaan yang mendapat pinjaman berjumlah 63 mitra binaan yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Sumutk. Hal itu dikatakan Kabag Umum PTPN II, Irwan, Kamis (27/8).

"Kepada mitra binaan yang proposalnya telah disetujui dan menerima pinjaman agar dapat digunakan sebaik-baiknya demi pengembangan usaha. Hendaknya para mitra binaan yang menerima pinjaman dapat mengembalikan dana pinjaman tepat waktu agar dapat digulirkan kembali kepada para mitra binaan yang lain,” ujarnya.

Ke-63 mitra binaan masing-masing, 10 dari Kabupaten Deliserdang, 33 dari Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), 18 dari Kabupaten Langkat, 1 dari Kota Binjai dan 1 dari Kota Medan.

Pada kesempatan itu, SEVP Business Support PTPN II, Syahriadi Siregar mengatakan, perusahaan tetap bersinergi dengan Pemkab/Pemkot membina mitra binaan guna meningkatkan usaha-usaha mikro di lingkungan kerja perusahaan.

“Dana yang digulirkan itu dapat memberi manfaat dan kepastian serta digunakan dengan benar. Maka usaha akan memberikan kontribusi positif, gunakan pendanaan semaksimal mungkin dengan baik,” harap Syahriadi.

Ia juga mengajak mitra usaha sama-sama menjunjung tinggi kepercayaan, dan diharapkan pengembaliannya lancar dan nantinya dapat dipergunakan kepada pelaku usaha lainnya.

Penyerahan dana pinjaman secara simbolis kepada pelaku usaha kecil oleh Syahriadi didampingi Kepala Bagian Umum, Irwan kepada perwakilan dari Kabupaten/Kota.

Usai penyaluran dana pinjaman program kemitraan tersebut dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan dengan nara sumber dari asuransi/Jasa Tania dari Medan, Elizam Efendi.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi