Gubernur Sumut Buka MTQ ke-37 di Tebingtinggi

Gubernur Sumut Buka MTQ ke-37 di Tebingtinggi
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menghadiri pembukaan MTQ ke-37 di Kota Tebingtinggi (Analisadaily/Efendi Lubis)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Sumatera Utara ke-37 secara resmi dibuka Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo, Kota Tebingtinggi, Sabtu (5/9).

Pelaksanaan MTQ ini diawali dengan pelantikan dewan hakim oleh Edy Rahmayadi didampingi Ketua LPTQ Sumatera Utara. Kemudian dilanjutkan pengguntingan pita pekan pameran bazar dan UMKM di Lapangan Merdeka Tebingtinggi untuk menyemarakkan MTQ ke-37.

Edy Rahmayadi bersama Ny. Nawal Lubis dan Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, sempat meninjau beberapa stand pameran bazar.

Dalam sambutannya, Edy mengatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur'an merupakan syiar islam.

"Kehadiran Islam menjadikan rahmatan lil alamin di dunia ini," kata Edy.

Selain itu dia juga mengapresiasi Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan. Meski di tengah pandemi Covid-19, dengan menerapkan protokoler kesehatan, tetap semangat melaksanakan MTQ tingkat Sumatera Utara.

"Semoga Tebingtinggi jadi kota amanah, kota yang penuh berkah sehingga ke depan pelaksanaannya menjadi lebih profesional dan proporsional," ujarnya.

"Bagi para qori dan qoriah, selamat bertanding dan meraih prestasi terbaik. Tidak cukup tiga bulan untuk berlatih. Jika dihitung jumlahnya tidak sebanding apa yang kalian lakukan. Karena kalian yang berprestasi baik merupakan duta Sumatera Utara di tingkat nasional yang dijadwalkan dilaksanakan di Sumatera Barat. Kepada dewan hakim diminta dalam melakukan tugas penilaian lakukan dengan baik dan benar," imbau Edy Rahmayadi.

Sementara itu Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kota Tebingtinggi.

"Atas nama warga, kami sangat merasa bersyukur sebenarnya kegiatan ini dijadwalkan tanggal 1 April sampai dengan 10 April lalu. Namun masih belum lagi situasi yang memungkinkan kita, setelah sempat tertunda baru hari ini dapat dilaksanakan," ujar Umar.

"Selanjutnya pada kesempatan ini izinkan saya dengan rasa bukan untuk menyaingi bapak Gubsu, hanya ingin berbesar hati akan memberikan hadiah berangkat umroh kepada qori qoriah di tingkat dewasa yang berprestasi juara," sebutnya.

"Selanjutnya pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara ini, antara lain PT Inalum, Telkomsel dan yang lainnya yang juga memberikan kontribusi kepada juara-juara tersebut."

"Pada kesempatan ini juga kami mohon kepada bapak Gubsu sekaligus meresmikan pameran bazar sebagai wujud sumber daya ekonomi daerah khususnya mereka yang selama ini sudah merasa seperti dipinggirkan dan sekarang ini kita motivasi untuk bergerak dan bergeliat lagi. Alhamdulillah semuanya bisa menatap masa depan dengan sebaik-baiknya," ungkap Umar.

"Kepada seluruh peserta jangan merasa asing berada di Tebingtinggi. Selama tujuh hari ini anggaplah seperti apapun yang ada di Tebingtinggi, adalah daripada kehidupan Provinsi Sumatera Utara," tukasnya.

Pembukaan MTQ ke-37 tingkat Sumatera Utara juga dihadiri Ketua DPRD Sumut, para Bupati dan Walikota se-Sumut, Ketua LPTQ Sumut serta mantan Menteri Agama, Said Agil Husin Al Munawar.

(FEL/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi