Polsek Secanggang Beri Sanksi Sosial Bagi Warga yang Tidak Memakai Masker

Polsek Secanggang Beri Sanksi Sosial Bagi Warga yang Tidak Memakai Masker
Petugas dari Polsek Secanggang memberikan masker kepada masyarakat (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Secanggang - Polsek Secanggang menggelar razia penegakan disiplin protokol kesehatan di di Pekan Selasa, Kelurahan Hinai Kiri, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Selasa (8/9).

Bagi warga yang kedapatan tidak mengenakan masker, diberikan sanksi sosial seperti menghapal Pancasila dan push-up.

Kapolsek Secanggang, Iptu Mahruzar Sebayang, mengatakan penegakan disiplin protokol kesehatan ini dilaksanakan bersama Koramil-08 Secanggang dan Pemerintah Kecamatan Secanggang.

"Kegiatan ini mengacu kepada Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Surat edaran Kemenkes Nomor PK. 02.01/D.VI/839/2020 tentang pencegahan penularan COVID-19 tempat kerja," kata Mahruzar.

Kemudian, sambungnya, Peraturan Gubsu Nomor 34 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam mencegah dan pengendalian Covid-19 di Sumut.

"Selanjutnya berdasarkan surat edaran Bupati Langkat No: 440-580 Disparbud-LKT/2020, tentang percepatan penanganan COVID-19 di Langkat. Selain itu penegakan disiplin protokol kesehatan ini merupakan instruksi pimpinan Polri," sambungnya.

Menurutnya tidak hanya razia semata, namun juga mengingatkan dan mengimbau kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker jika berada di luar rumah, menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

Sasaran dari razia ini adalah warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Setelah diberikan sanksi, mereka langsung diberi masker, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Apabila kedapatan warga yang tidak mengenakan masker, ya kita berikan sanksi seperti menghapal Pancasila, push-up. Kita berharap dengan hukuman semacam ini bisa membangkitkan kesadaran mereka untuk mematuhi ptotokol kesehatan," imbuh Mahruzar.

Memang diakuinya tidak mudah untuk menyadarkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Namun pihaknya tetap gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi