Akhyar-Salman Nomor 1, Bobby-Aulia Nomor 2

Akhyar-Salman Nomor 1, Bobby-Aulia Nomor 2
Masing-masing pasangan menunjukkan jari-jarinya sesuai dengan nomor urut pada Pilkada Medan, 9 Desember 2020 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan resmi menetapkan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Dalam penetapan nomor urut ini, pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi nomor urut 1 dan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman nomor urut 2.

Usai pengundian Akhyar-Salman mengajungkan simbol satu jempol ke arah pendukungnya sementara Bobby-Aulia menunjukkan salam dua jari.

Pada kesempatan itu juga dibacakan Fakta Integritas ke dua Paslon untuk mematuhi protokol kesehatan.

Pada rapat pleno sendiri pendukung ke dua Paslon dibatasi. Di mana, pengundian nomor urut pada Pilkada Medan tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Hanya dihadiri para pasangan calon, perwakilan Bawaslu kabupaten/kota sesuai tingkatan sebanyak dua orang, penghubung pasangan calon sebanyak satu orang, dan anggota KPU sebanyak lima orang.

Hal ini sesuai dengan PKPU 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kepala daerah di dalam bencana Covid-19.

"Karena dalam rapat pleno terbuka peserta dan pasangannya terbatas dan seluruh pasangan calon timnya harus mematuhi protokol pencegah dan pengendalian Covid-19 baik di area rapat dan luar areal, sesuai dengan surat edaran KPU," kata Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik.

Dalam kontestasi Pilkada Medan, Akhyar Nasution didukung 2 partai yakni PKS dan Partai Demokrat. Bobby Nasution dan Aulia Rachman didukung delapan partai yakni PDIP, PPP, PSI, Golkar, NasDem, Gerindra, Hanura dan PAN.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi