Disdikbud Langsa Luncurkan Aplikasi SEMBILANG

Disdikbud Langsa Luncurkan Aplikasi SEMBILANG
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Langsa, Dra Suhartini, M.Pd, Senin (28/9). (Analisadaily/Sudirman)

Analisadaily.com, Langsa - Dalam rangka optimalisasi layanan museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Langsa meluncurkan aplikasi Sistem Elektronik Menuju Budaya Gemilang (SEMBILANG).

Selain meluncurkan aplikasi dimaksud sebagai upaya promosi kepada para masyarakat juga melakukan pembagian brosur dan leaflet tentang museum Kota Langsa di Jalan Ahmad Yani.

"Disdikbud mempunyai terobosan baru sebagai salah satu destinasi edukasi dan ini yang pertama diKota Langsa yakni aplikasi SEMBILANG yakni dengan membuka web https://museum.langsakota.go.id," kata Kepala Disdikbud Kota Langsa, Dra Suhartini, M.Pd, Senin (28/9).

Dikatakan, dengan adanya aplikasi SEMBILANG ini untuk memudahkan masyarakat, pelajar dan mahasiswa atau pihak lainnya bisa mengunjungi museum Kota Langsa secara virtual selama masa pandemi virus Covid-19.

Sehingga, masyarakat yang ingin berkunjung ke museum selama pandemi bisa melalui aplikasi tersebut. Dari aplikasi itu bisa diperoleh berbagai informasi tentang museum, di antaranya koleksi benda-benda bersejarah, cagar budaya, sovenir, kuliner.

"Seiring diluncurkan aplikasi, pihaknya juga akan terus menyempurnakannya, makanya kami butuh masukan dan saran dari setiap pengunjung virtual sebagai upaya perubahan ke arah yg lebih baik," ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan terus mengembangkan museum itu, tidak hanya menampilkan gambar, benda-benda bersejarah serta deskripsinya tentang berbagai bukti sejarah dan cagar budaya.

Namun, juga menampilkan audio visualnya sehingga generasi muda gampang memahaminya.

Ini sesuai dengan visi dan misi museum yakni visinya adalah mewujudkan museum sebagai pelestari nilai sejarah dan budaya. Misinya adalah menjadikan fungsi museum sebagai sarana pelestari benda, struktur bangunan, situs dan kawasan cagar budaya.

Serta memfungsikan museum sebagai sarana penelitian, pendidikan, pengembangan nilai-nilai positif yang terkandung dalam cagar budaya.

Mengoptimalkan potensi museum sebagai salah satu sarana pengembang sumber daya kearifan lokal, seperti pariwisata, kreativitas seni, pengajaran dan sebagainya melalui kegiatan-kegiatan interaktif, edukasif yang berkesinambungan.

(DIR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi