Dukung UMKM, Pelindo I Tanjung Pinang Salurkan Dana Kemitraan

Dukung UMKM, Pelindo I Tanjung Pinang Salurkan Dana Kemitraan
Pemberian dana program kemitraan oleh Pelindo I Tanjung Pinang kepada salah seorang pelaku UMKM (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjung Pinang - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tanjung Pinang menyalurkan dana program kemitraan 2020 sebesar Rp 275 juta kepada lima pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Penyerahan secara simbolis itu dilakukan oleh General Manager Pelindo I Tanjung Pinang, Yusrizal, di Kantor Pelindo I Tanjung Pinang.

Yusrizal menerangkan bahwa dana kemitraan yang disalurkan ini berupa bantuan pinjaman modal kepada UMKM dengan bunga yang rendah, yakni 3 persen per tahun.

"Dengan bantuan pinjaman modal yang diberikan kepada UMKM diharapkan dapat menjadi stimulus untuk para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, terutama di masa pandemi Covid-19 agar bisa terus bertahan dalam menjalankan bisnisnya," kata Yusrizal, Jumat (2/10).

"Dana yang disalurkan Pelindo I Tanjung Pinang ini diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha yang kemudian akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo I Tanjung Pinang," sebutnya.

Dana kemitraan untuk pelaku UMKM di wilayah Tanjung Pinang ini disalurkan kepada Riskhy Pramono untuk sektor usaha jasa laundry pakaian, Rikha Katrina sektor perdagangan, Agusman untuk sektor usaha jasa penyewaan kendaraan, Roselli Purba sektor penjualan pakaian dan sepatu, serta Detisa Ramadon untuk sektor jasa rumah sewa.

Agusman, salah satu mitra binaan yang menerima dana kemitraan Pelindo I mengatakan, dana pinjaman dari Pelindo I ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

"Di tengah situasi Covid-19 ini, usaha yang saya lakukan juga terkena dampaknya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pelindo I, saya menerima bantuan dana kemitraan yang bisa digunakan untuk bantuan modal usaha saya. Semoga Pelindo I semakin sukses ke depannya," ujar Agusman.

VP Public Relations Pelindo I, Fiona Sari Utami, menjelaskan Pelindo I memiliki Program Kemitraan sebagai upaya untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat.

Program ini disalurkan berupa bantuan pinjaman modal kepada pelaku UMKM dari berbagai sektor yang meliputi: industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya yang disalurkan di seluruh wilayah operasional Pelindo I yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

"Dalam pelaksanaan program kemitraan ini, Pelindo I tidak hanya memberikan pinjaman dana saja yang diberikan kepada para pelaku UMKM, namun Pelindo I juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo I dalam menekuni bidang usahanya serta Pelindo I juga sering mengajak mitra binaan untuk mengikuti pameran di berbagai wilayah di Indonesia untuk memperkenalkan hasil karya para mitra binaan dan memperluas pangsa pasar," terang Fiona.

"Harapannya, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan dan akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar Pelindo I," imbuhnya.

Untuk diketahui, Pelindo I Cabang Tanjung Pinang mengelola tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pelabuhan Sri Payung Batu Anam dan Pelabuhan Penumpang serta Peti Kemas Sei Kolak Kijang.

Pelabuhan Sri Bintan Pura merupakan salah satu obyek vital di Kota Tanjung Pinang yang menjadi pintu gerbang utama bagi jalur transportasi masyarakat dan masuknya wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menuju ke Kota Tanjung Pinang dan Bintan.

Pelindo I Cabang Tanjung Pinang juga memiliki 1 unit kapal pandu, 1 unit kapal patroli, 4 unit headtruck, 2 unit mobile crane, 2 unit forklift, 2 unit reachstaker dan 1 unit fixed crane untuk mendukung layanan bisnisnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi