Rekor Penambahan Kasus Covid-19 Kembali Terjadi di Amerika

Rekor Penambahan Kasus Covid-19 Kembali Terjadi di Amerika
Ilustrasi (Tirto.id)

Analisadaily.com, Washington - Amerika Serikat mengalami rekor pertambahan kasus Covid-19 terbesar dalam satu hari.

Pada Kamis (29/10) kemarin terjadi penambahan lebih dari 91.000 kasus baru di Negera Paman Sam. Sebagian besar pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit sejumlah negara bagian.

Lonjakan kasus ini terjadi satu pekan menjelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Negara bagian yang terpukul parah akibat lonjakan terbaru Covid-19 di antaranya Ohio, Michigan, Carolina Utara, Pennsylvania dan Wisconsin.

Kondisi ini tentu berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas Donald Trump yang kembali maju dari Partai Republik melawan calon dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Virus Covid-19 juga dengan cepat menyebar hingga mencapai rekor di Eropa. Perancis dan Jerman mengumumkan penguncian nasional pekan ini.

Sebelumnya AS mencatat rekor 84.169 kasus Covid-19 pada 23 Oktober lalu. Secara global, India melaporkan rekor infeksi baru harian Covid-19 dengan 97.894 kasus pada 17 September.

Satgas Covid-19 Gedung Putih mengatakan Amerika sedang menuju arah yang salah dan memperingatkan bahwa penyebaran tak ada habis-habisnya sehingga perlu tindakan yang agresif untuk mengekang infeksi baru.

Sebelumnya 12 negara bagian sudah melaporkan rekor infeksi baru Covid-19, yakni Illinois, Indiana, Maine, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, New Mexico, Carolina Utara, Dakota Utara, Ohio dan Oregon.

Kematian dan hunian rumah sakit juga mengalami peningkatan. Untuk ketiga kalinya pada bulan Oktober, 1.000 orang lebih meninggal karena Covid-19 dalam satu hari.

Lebih dari 229.000 kematian akibat Covid-19 sudah tercatat di AS yang menjadi jumlah kematian tertinggi di dunia.

Sementara pasien Covid-19 yang menjalani perawatan naik di atas 50 persen pada Oktober menjadi 46.000, tertinggi sejak pertengahan Agustus. (Ant)

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi