Gubernur Aceh Kirim 60 Peserta ke MTQ Nasional

Gubernur Aceh Kirim 60 Peserta ke MTQ Nasional
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melepaskan kafilah Aceh yang mengikuti MTQ Nasional XXVIII di Padang, Sumatera Barat di Pendopo Gubernur Aceh, Senin (9/11). (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melepasKafilahh Aceh untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXVIII di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar pada 12 - 22 November 2020. Acara pelepasan dilakukan di Pendopo Gubernur Aceh, Senin (9/11).

Turut hadir dalam acara tersebut, istri Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, Kadis Syariat Islam Aceh, EMK Alidar, dan Kepala Biro Humas dan Protokol, Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Nova berharap, para peserta dari Kafilah Aceh dapat memberikan penampilan terbaik pada MTQ ke-28 tingkat nasional tersebut. Ia yakin dengan bekal latihan selama ini, Aceh akan mendapatkan posisi terhormat di ajang tersebut.

“Saya yakin persiapan sudah dilakukan dengan baik dan insya Allah hari Jum'at sudah berangkat ke Padang untuk berjuang membawa nama daerah dan merebut tempat terhormat untuk membanggakan masyarakat Aceh,” kata Nova.

Ia mengatakan, tiga tahun lalu Aceh berhasil meraih peringkat ketujuh di ajang STQH Nasional ke-24 di Kalimantan Utara. Kemudian pada MTQ Nasional ke-27 di Medan, Kafilah Aceh juga berhasil meraih peringkat ketujuh nasional. Selanjutnya pada STQH Nasional ke 25 di Pontianak 2019 lalu, prestasi Aceh berhasil meningkat menduduki ke posisi keenam.

“Mudah-mudahan prestasi ini bisa diikuti oleh Kafilah MTQ di Sumatera Barat, mudah-mudahan kita bisa naik peringkat,” harapnya.

Nova optimis Kafilah Aceh akan menampilkan yang terbaik. Ia berpesan agar mereka menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam keadaan sehat, psikologis tetap terjaga, sehingga percaya diri akan muncul dan memberi dampak pada penampilan terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, Nova menyampaikan empat pesan kepada Kafilah Aceh. Pertama, selama di Padang, ia meminta Kafilah Aceh untuk berperilaku dengan baik. Sebab mereka menjadi duta yang menampilkan citra Aceh di hadapan peserta dari berbagai daerah lainnya.

“Aceh di mata saudara dari provinsi lain itu sangat baik, jadi sedikit saja kita berperilaku negatif itu akan mencoreng nama Aceh secara keseluruhan,” ujar Nova.

Selanjutnya, para peserta juga diingatkan untuk selalu menjaga stamina dan beristirahat yang cukup. Begitupun dengan pola makan, harus diperhatikan dengan baik. “Sebelum pertandingan selesai, berkonsentrasilah di penginapan,” pinta Nova.

Kemudian, Gubernur meminta agar mereka senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam setiap aktivitas selama mengikuti kompetisi.

“Saat bersilaturrahmi tetap hati-hati, selalu pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan,” terangnya Nova.

“Yang terakhir, atas nama Pemerintah dan masyarakat Aceh saya menyampaikan doa semoga Kafilah Aceh dapat tampil maksimal meraih prestasi gemilang. Setiap prestasi yang anak-anak kami raih ini akan dicatat dengan tinta emas bagi sejarah Aceh,” sebutnya.

Ketua Kafilah Aceh yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, EMK Alidar, melaporkan, pada MTQ Nasional di Padang tersebut Kafilah Aceh membawa 60 orang peserta. Para peserta tersebut akan mengikuti semua cabang yang diperlombakan.

Ia menyebutkan, ada delapan cabang yang diperlombakan, yaitu, cabang tilawah, qiraah sab’ah, hafizil qur'an, tafsir, khatil qur’an, fahmil qur’an, syahril qur’an, dan cabang menulis makalah ilmiah Al-Qur’an.

Alidar mengatakan, selama ini pelatihan secara tatap muka hanya dilakukan selama 12 hari, mengingat adanya pandemi Covid-19. Namun demikian para pelatih tetap berinisiatif untuk memberi pelatihan dengan cara daring.

“Kafilah Aceh akan berangkat pada hari Jum'at 12 November dan akan kembali pada 22 November 2020. Setidaknya ada 104 orang dalam Kafilah Aceh yang akan berangkat, mereka terdiri dari peserta, pelatih, pendamping, tim medis dan official yang akan membantu segala kebutuhan Kafilah Aceh,” kata Alidar.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi