Jalan di Binjai Tak Lagi Becek dan Seram Berkat Program Kotaku

Jalan di Binjai Tak Lagi Becek dan Seram Berkat Program Kotaku
Jalan di Kelurahan Rembung Dalam, Binjai Selatan nampak bersih dan tak lagi becek. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Jalan di Kelurahan Rembung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai tak lagi becek dan seram. Hal itu berkat Program Kotaku Binjai dalam pembangunan infrastruktur jalan cor beton.

Jalan cor beton di Gang Kamboja tepatnya sebelah pemakaman muslim telah rampung dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Melati yang diketuai oleh Suwondo dan beranggotakan 4 orang dan dibentuk pada 02 April 2020 yang difasilitasi oleh LKm dan TIM 01 Binjai yang dikoordinir oleh Nunung Armiati selaku Senior Fasilitator.

Suwondo mengatakan, KSM Melati melaksanakan enam kegiatan yang salah satunya adalah pengecoran jalan di Gg. Kamboja sepanjang 254 meter dengan lebar 2 meter dan ketebalan 0,15 meter. Kegiatan ini bersatu dengan kegiatan cor beton di Gang Pribadi dengan panjang 39 m, lebar 2 meter dan ketebalan 0,15 meter.

“Total dana untuk kegiatan ini sebesar Rp.103.842.000.- dan mendapat swadaya masyarakat sebesar Rp.6.537.000,” ujarnya dalam rilis yang diterima Analisadaily.com, Rabu (18/11).

Ia menjelaskan, penerima manfaat dari kegiatan ini sebanyak 102 jiwa terdiri dari 42 laki-laki dan 60 orang perempuan. Sedangkan tenaga kerja yang terserap sebanyak tujuh orang.

KSM ini sendiri berada di bawah naungan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) RADA Kelurahan Rambung Dalam yang telah pemilihan ulang LKM pada April yang lalu dan di Koordinir oleh Edy Suwanto yang biasa disapa Wewed.

Anggota LKM ini terdiri dari sembilan orang, enam di antaranya laki-laki dan tiga perempuan yang kesemuanya aktif dalam menjalankan Program Kotaku di Kelurahan Rambung Dalam.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan jalan cor beton ini menjadikan jalan tidak becek, lingkungan menjadi bersih dan mudah untuk dilalui masyarakat,” ujar Wewed.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi