Dewan Energi Mahasiswa Tolak Swastanisasi BUMN

Dewan Energi Mahasiswa Tolak Swastanisasi BUMN
Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sumut kolaborasi dengan DEM Aceh kampanyekan tolak swastanisasi BUMN (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dewan Energi Mahasiswa Sumatera Utara (DEM Sumut) berkolaborasi bersama DEM Aceh mengampanyekan aksi menolak swatanisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Walk pada Rabu (18/11) dari pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Presiden DEM Sumut, Raden Haitami Abduh mengatakan, bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan membagikan 150 masker kepada masyarakat, kemudian masyarakat dapat berpartisipasi dengan membubuhkan tanda tangan pada banner yang disediakan.

"Dengan begitu, secara tidak langsung masyarakat ikut mendukung kegiatan ini untuk menolak swastanisasi BUMN," kata Raden.

Kampanye tolak swastanisasi BUMN (Analisadaily.com/Istimewa)
Menurutnya, BUMN didirikan untuk memenuhi kepentingan umum, sebagai sarana pembinaan modal produksi dan sarana sosial menuju pemerataan pendapat. BUMN memiliki dasar hukum guna menguasai dan mengelola aset-aset startegis negara.

"Dalam kampanye ini kami juga ingin mengembalikan fungsi BUMN yang diatur dalam pasal 33 UUD 1945, yang cukup strategis dan perlu dipertahankan, agar nantinya negara tetap bisa mengontrol dan menguasai aspek hajat hidup masyarakat banyak," sebut Raden.

Dijelaskannya, Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal mengenai keekonomian. Dari pasal tersebut perlu mengingatkan bahwa kepemilikan BUMN meliputi masyarakat luas yang lebih menjamin arti usaha bersama. Maka dari itu masyarakat perlu tahu dalam kampanye penolakan ini.

"Dengan adanya kegiatan ini kami harap masyarakat sadar, ternyata ada aset negara yang akan dijual ke pihak asing. Kemudian orang terlibat dalam BUMN bisa melirik kegiatan ini melalui media, bahwa masyarakat tidak setuju dengan adanya swastanisasi BUMN," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi