Banjir di Tebingtinggi Rendam 5 Kecamatan dan 13 Kelurahan

Banjir di Tebingtinggi Rendam 5 Kecamatan dan 13 Kelurahan
Banjir di Tebingtinggi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Tingginya curah hujan yang terjadi di Tebingtinggi mengakibatkan debit air Sungai Padang meluap. Akibatnya, 5 kecamatan dan 13 kelurahan terendam banjir.

Informasi diperoleh Analisadaily.com, Jumat (27/11), banjir tersebut mulai terjadi sekira pukul 03.00 WIB. 5 kecamatan terendam banjir yaitu Padang Hulu, Padang Hilir, Rambutan, Bajenis, dan Tebingtinggi Kota.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebingtinggi, Wahid Sitorus mengatakan, banjir yang merendam rumah warga karena meluapnya Sungai Padang diakibatkan intensitas curah hujan di hulu Kabupaten Simalungun sangat tinggi.

"Sehingga Sungai Padang tidak mampu menampung debit air dari hulu," katanya.

Wahid menuturkan, saat ini data sementara rumah warga yang terendam total berjumlah 3.122 Kepala Keluarga (KK).

"Itu sementara, karena sampai saat ini debit air masih terus meningkat, diperkirakan korban akan bertambah," tuturnya.

Dari 5 kecamatan yang terendam banjir, Bajenis terdampak paling parah. Total ada 1.451 KK dari 6 kelurahan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Tidak hanya merendam rumah warga, banjir juga menggenangi kawasan jalan raya dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Namun, masih bisa dilalui kendaraan.

Saat ini BPBD bersama personel TNI dan Polri sedang mengevakuasi warga, khususnya para lansia yang masih berada di dalam rumah untuk dibawa menuju posko darurat.

BPBD serta pemerintah daerah juga telah menyiapkan fasilitas dapur umum, posko darurat, dan menyuplai bantuan makanan cepat saji.

"Sudah kita dirikan posko-posko. Mereka sudah dirikan dapur umum, kita tinggal subsidi bahan makanan saja," tandas Wahid.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi