Bobby Nasution Salat Berjamaah di Masjid Berusia Ratusan Tahun

Bobby Nasution Salat Berjamaah di Masjid Berusia Ratusan Tahun
Bobby Nasution di Masjid Jamik Kebun Bunga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Muhammad Bobby Afif Nasution melaksanakan salat magrib berjamaah di Masjid Jamik Kebun Bunga, Jumat (13/11). Masjid Jamik Kebun Bunga adalah salah satu masjid tertua di Kota Medan.

Masjid yang terletak di Jalan Taruma, Kecamatan Medan Petisah, ini sudah berdiri sejak tahun 1887 atau berusia sekitar 133 tahun.

Hingga saat ini Masjid Jamik masih bertahan kokoh dengan tetap menggunakan beton asli sejak pertama kali dibangun dan atap yang masih menggunakan seng.

Masjid Jamik Kebun Bunga adalah saksi sejarah terhadap warga keturunan india muslim sejak seratusan tahun lamanya. Kehadiran warga india muslim di Kota Medan menambah daftar keberagamannya.

Masjid Jamik Kebun Bunga saat ini dikelola oleh Yayasan South Indian Moslem Mosque bersama dengan Masjid Ghaudiyah yang terletak di Jalan K.H Zainul Arifin, Kecamatan Medan Petisah.

Dahulu, Masjid Jamik dibangun atas hadiah pemberian lahan oleh Sultan Deli.

Usai melaksanakan salat magrib berjamaah di masjid bersejarah itu, Bobby Nasution menemui masyarakat yang tergabung dalam komunitas india muslim dan masyarakat umum lainnya.

Di warkop depan masjid, Bobby Nasution pun duduk minum teh panas bersama warga. Selepasnya, Menantu Presiden Jokowi itu berdialog dengan masyarakat.

Ustaz Ediyanto mewakili komunitas india berharap Bobby Nasution jadi wali kota. Menurutnya Bobby Nasution bawa cahaya bagi warga Medan.

"Kalau sudah jadi wali kota kami harapkan jujur, amanah dan ikhlas," harapnya.

Ustaz Ediyanto juga meminta agar Bobby Nasution memperhatikan masjid Jamik Kebun bunga agar jadi cagar budaya karena sejarah panjangnya.

Untuk masjid, Bobby Nasution pernah berdiskusi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Medan. Tak hanya bakal memperhatikan bentuk fisik rumah ibadah masyarakat Muslim itu, Bobby Nasution bahkan akan membangkitkan perekonomian umat yang diawali dari masjid.

"Jika memungkinkan, maka masjid akan jadi wadah menggerakkan ekonomi umat. Ada usaha yang bisa dijalankan dari masjid-masjid di Medan yang jumlahnya 1.083 unit. Koperasi akan kita buat yang manfaatnya untuk jamaah dan masyarakat sekitar masjid," kata Bobby.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi