Pengusaha Muda Medan Janji Salurkan Bantuan Setiap Jumat

Pengusaha Muda Medan Janji Salurkan Bantuan Setiap Jumat
Pengusaha muda Fakar Suhartami Pratama membagikan beras ke masyarakat di Kampung Aur, Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dampak banjir masih dirasakan warga yang berada di bantaran sungai di Kota Medan. Pengusaha muda, Fakar Suhartami Pratama, menyalurkan bantuan berupa 1.000 karung beras ke sejumlah lokasi terdampak banjir dan warga yang membutuhkan.

Donasi ini rencananya akan Fakar lakukan pada tiap pekan, utamanya pada hari Jumat untuk wilayah Medan sekitarnya. Dana bantuan untuk korban banjir ini diperoleh dari hasil lelang mobil BMW 318i yang dilakukan sejak sepekan lalu. Mobil terjual senilai Rp 50 juta kepada seorang warga di Medan.

"Saya akan membagikan beras setiap Jumat ke seluruh warga Medan di titik yang berbeda secara bertahap. Ini murni keinginan pribadi tanpa embel-embel apapun. Kalau rezeki saya lancar, Insya Allah akan rutin berbagi setiap minggunya," kata Fakar, Jumat (25/12).

Pemberian sembako itu sebelumnya telah dilakukan di Kampung Aur pada Kamis (24/12) kemarin dengan memberikan 200 karung beras. Kampung Aur ini salah satu lokasi yang kerap terdampak banjir saat Sungai Deli meluap. Awal Desember lalu, ketinggian air mencapai 5 meter pada lokasi ini, dan menenggelamkan ribuan rumah warga.

"Ketika banjir, air menenggelamkan rumah warga dan tempat ibadah di sini. Saat-saat seperti ini, saya tidak punya alasan lain untuk berdiam diri. Padahal saya tahu ada saudara kita yang membutuhkan uluran tangan," ucapnya.

Fakar tidak hanya menyalurkan ke satu titik bantuan pada hari itu. Gang Merdeka, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Medan Maimun, juga mendapat bantuan 200 karung beras. Lokasi ini juga sangat sering sekali diterjang banjir. Apalagi saat penghujung tahun musim hujan, warga menjadi resah banjir datang silih berganti.

Kepala Lingkungan setempat, Rizal mengatakan jika banjir menerjang mau tidak mau membuat warga kerepotan. Mengungsi ke tempat yang lebih tinggi menjadi pilihan sementara bagi warga untuk menyelamatkan diri dan barang-barang.

"Kalau sudah banjir, air langsung menenggelamkan rumah warga. Di sini juga ada tempat ibadah dan rumah sekolah. Kegiatan pun terhenti, dan yang ada adalah kegiatan evakuasi harta benda, setelah itu bersih-bersih kembali setelah banjir usai. Begitu seterusnya selama puluhan tahun yang kami rasakan," katanya.

Menurut Rizal, bantuan yang disalurkan Fakar Suhartami sangat membantu saat di tengah kondisi sulit begini. "Saya atas nama warga Gang Merdeka, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Fakar. Apalagi wartawan-wartawan sering datang kemari meliput banjir dan perkembangan nasib kami di sini," ujar Rizal.

Bantuan juga tersalurkan ke sejumlah lokasi, seperti Jalan Puri, Medan Tembung, dan marelan. Masing-masing bantuan alokasinya 200 karung beras.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi