Pemimpin Sindikat Naroba Ditangkap Polisi Belanda

Pemimpin Sindikat Naroba Ditangkap Polisi Belanda
Tse Chi Lop (The Guardian/Reuters)

Analisadaily.com, Amsterdam - Polisi Belanda mengatakan, mereka telah menangkap Tse Chi Lop, tersangka pemimpin sindikat narkoba yang terdaftar sebagai salah satu buronan paling dicari di dunia.

Tse Chi Lop merupakan warga negara Kanada kelahiran China, ditahan pada hari Jumat atas permintaan polisi Australia, yang memimpin penyelidikan yang menuduh organisasinya mendominasi perdagangan narkoba Asia-Pasifik senilai $ 70 miliar per tahun.

Juru bicara polisi Belanda Thomas Aling mengatakan, Tse diperkirakan akan diekstradisi setelah menghadap hakim, dan penangkapannya terjadi tanpa insiden di bandara Schiphol Amsterdam.

"Dia sudah masuk daftar paling dicari dan dia ditahan berdasarkan intelijen yang kami terima," kata Aling dilansir dari The Guardian, Minggu (24/1).

Polisi Belanda tidak dapat memberikan rincian tentang proses hukum dan tidak jelas apakah Tse memiliki pengacara.

Tse, yang sebelumnya tinggal di Toronto, telah berpindah antara Makau, Hong Kong dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, menurut petugas anti-narkotika dari empat negara dan dokumen yang sebelumnya ditinjau oleh Reuters.

Sindikat yang dituduhkan kepadanya dikenal oleh anggotanya sebagai "Perusahaan". Penegak hukum juga menyebutnya sebagai "Sam Gor", menurut Reuters.

Polisi federal Australia, yang memimpin penyelidikan luas, menuduh Tse sebagai "pemimpin senior sindikat Sam Gor".

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi