Gempabumi 4,5 Magnitudo Guncang Pulau Nias

Gempabumi 4,5 Magnitudo Guncang Pulau Nias
Gempabumi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Nias – Gempabumi tektonik mengguncang Pulau Nias, Kamis (4/2) pukul 22.35 WIB. Hasil analisa BMKG menujukkan, gempabumi ini berkekuatan 4,5 magnitudo.

Episenter terletak pada koordinat 1,55 LU dan 97,81 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km Timur Laut Gunung Sitoli, Sumatera Utara, pada kedalaman 21 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi yang berada di Bagian Barat Pulau Sumatera.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Kabupaten Nias Utara dan Gunung Sitoli III MMI dan Kabupaten Nias II MMI,” kata Plt Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati.

Hingga pukul 23.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan. Kepada Masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi