Sandiaga: Tenunan Silalahi Bisa Jadi Fashion Unggulan

Sandiaga: Tenunan Silalahi Bisa Jadi Fashion Unggulan
Menteri Pariwisata Ekonomi dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berbincang dengan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu dan Ketua Dekranasda, Romi Mariani Simarmata, dalam pengembangan ekonomi di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Jumat (19/2) (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Menteri Pariwisata Ekonomi dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, kalau dipromosikan, bisa jadi tenunan Silalahi menjadi fashion unggulan.

"Dalam ekonomi kreatif, fashion menempati peringkat kedua setelah kuliner," kata Sandiaga saat berbincang dengan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, anggota DPR RI, Hinca Pandjaitan dan Ketua Dekranasda, Romi Mariani Simarmata di Taman Wisata Iman Sitinjo, Jumat (19/2).

Sandiaga menerangkan, dia telah melelang souvernir itu belum lama ini melalui live instagram.

"Terbukti, banyak diminati. Netizen menyukainya. Hasil penjualan, dimanfaatkan membantu pekerja seni," kata dia, yang juga mendapat kiriman tenunan ulos dari Prisia Nasution.

"Produk itu sangat disukai Presiden Joko Widodo. Mudah-mudahan besok dipakai Presiden untuk acara," kata Sandiaga.

Menurutnya, karya dimaksud bukan tenunan biasa. Pakemnya merupakan perpaduan.

Romi menerangkan, tenunan itu adalah hasil kerja UMKM Perbungarintua dibina di kampung ulos Desa Silalahi Kecamatan Silahisabungan.

"Souvernir yang diberi Prisia Nasution adalah kirimannya," kata Romi.

Kata Hinca, tenun perpaduan itu, seperti Taman Wisata Iman. Beragam agama ada di sini. Miniatur Indonesia.

Dairi itu terdiri dari kata ‘dai’ yang artinya rasa dan ‘ri’ itu Republik Indonesia. Jadi Dairi itu maksudnya rasa Indonesia. Rasa Indonesia ada di Dairi.

Eddy pun memaparkan berbagai potensi Dairi. Dalam bidang tenun, kata dia, Dairi dinyatakan sebagai produsen ulos Karo.

"Sandiaga menjadi bagian dari keluarga besar marga Kudadiri. Itu ditandai penyematan pakaian adat dan pemberian marga," kata Eddy.

(SSR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi