HUT Damkar: Cegah Kebakaran Mulai dari Mitigasi Risiko dan Perlindungan Kerugian

HUT Damkar: Cegah Kebakaran Mulai dari Mitigasi Risiko dan Perlindungan Kerugian
HUT Damkar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Momentum HUT Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang dirayakan setiap tanggal 1 Maret menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mengenal serta mengambil tindakan antisipasi risiko kebakaran yang dapat terjadi kapanpun dan pada siapapun.

Sebagai perusahaan asuransi umum yang memberikan perlindungan pada individu dan perusahaan dari kerugian finansial yang disebabkan kebakaran, PT Sompo Insurance Indonesia Kantor Cabang Medan (Sompo Medan) banyak menaruh perhatian pada tata kelola risiko bencana, di mana Petugas Damkar dan Penyelamatan berperan sangat penting dalam penanggulangan bencana.

Pada saat berkunjung ke Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Medan untuk memberi penghargaan kepada Petugas, Erlina Muchtar, Kepala Cabang Sompo Medan menyampaikan, “Para Petugas senantiasa membantu masyarakat menanggulangi kebakaran tanpa kenal lelah. Pengabdian ini menginspirasi kami untuk terus memberikan perlindungan pada masyarakat dari kerugian yang ditimbulkan, serta meningkatkan kewaspadaan nasabah terhadap berbagai potensi kebakaran,” katanya, Minggu (7/3).

Untuk mengurangi risiko kebakaran, setiap bangunan perlu melakukan pengujian rutin terhadap jaringan listrik, memastikan prosedur dan akses penyelamatan diri saat ada peringatan bahaya kebakaran, menyediakan serta melakukan perawatan teratur alat/sistem perlindungan kebakaran.

Yang tidak kalah penting adalah memastikan proteksi pada aset dengan asuransi sebagai salah satu instrumen pengelolaan risiko. Dengan adanya asuransi kebakaran, pemilik properti usaha atau personal terlindung dari kerugian finansial akibat rusaknya harta benda ketika kebakaran terjadi.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, menekankan pentingnya upaya mitigasi kebakaran di wilayah masing-masing, baik yang dilakukan oleh dinas maupun masyakarat secara luas.

“Masyarakat bersama seluruh pemangku kepentingan, khususnya Petugas Damkar dan Penyelamatan, perlu senantiasa proaktif dalam mencegah terjadinya kebakaran. Proses uji kelayakan perlu dijalankan bagi setiap bangunan, gedung, ruang publik, dan kawasan ekonomi yang sedang dikembangkan terkait proses mitigasi kejadian kebakaran,” tegas Tito dalam sambutannya yang disiarkan melalui YouTube Live 1 Maret 2021.

“Momentum HUT Damkar dan penyelamatan menjadi kesempatan untuk membangun sinergi antara dua ahli tata kelola risiko kebakaran guna melindungi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi