Banjir Australia, Warga Diingatkan Soal Laba-laba Mematikan

Banjir Australia, Warga Diingatkan Soal Laba-laba Mematikan
Laba-laba jaring corong secara luas ditakuti karena racunnya yang terkenal dapat bertindak cepat. (AFP)

Analisadaily.com, Sydney - Wabah laba-laba paling berbisa di dunia dapat menyerbu Sydney setelah hujan lebat dan banjir. Taman Reptil Australia memperingatkan, gigitan Arakhnida mematikan bisa berlindung di rumah-rumah saat mereka melarikan diri dari banjir.

Hujan deras yang tiada henti telah menyebabkan banjir besar di negara bagian New South Wales, dengan bagian pinggiran barat laut Sydney masih terendam air.

Penduduk menyambut sinar matahari pada Rabu (24/3), setelah berhari-hari turun hujan, hanya untuk menerima "peringatan mendesak" untuk bersiap menghadapi masuknya laba-laba jaring corong mematikan, yang endemik ke wilayah Sydney.

"Cuaca hangat yang akan datang dan tingkat kelembapan yang tinggi adalah badai yang sempurna bagi laba-laba jaring corong BOOM dalam beberapa hari mendatang," kata direktur taman, Tim Faulkner dalam sebuah pernyataan dilansir dari Channel News Asia.

Screengrab video oleh Matt Lovenfosse, seorang penduduk di Kinchela Creek, New South Wales, menunjukkan laba-laba mencoba melarikan diri dari air banjir yang meningkat pada 22 Maret 2021.
"Dengan banjir luar biasa yang kami alami di seluruh wilayah Greater Sydney, mereka telah dipaksa keluar dari habitat mereka dan mencari perlindungan di daerah yang lebih kering. Sayangnya, ini bisa berarti bahwa mereka akan segera menemukan jalan ke rumah hunian," papar Faulkner.

Gambar ribuan laba-laba yang melarikan diri dari air banjir telah menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir, arachnophob yang menakutkan saat massa makhluk berkaki delapan itu mengerumuni pagar dan bangunan.

Jaringan corong Sydney ditakuti secara luas karena racunnya yang terkenal beracun dan bekerja cepat, dengan 13 kematian yang tercatat akibat gigitan.

Namun, tidak ada yang diyakini telah meninggal sejak program anti racun diperkenalkan pada awal 1980-an.

Taman Reptil Australia, yang memasok antivenom yang menyelamatkan nyawa, telah mendorong orang-orang yang "merasa cukup aman untuk melakukannya" untuk menangkap dan mengirimkan laba-laba jaring corong pengembara ke fasilitas pengumpulan yang ditunjuk.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi