OIF UMSU Bersama Wali Kota Medan Akan Pantau Hilal 1 Ramadan

OIF UMSU Bersama Wali Kota Medan Akan Pantau Hilal 1 Ramadan
Teropong yang akan digunakan OIF UMSU untuk memantau hilal 1 Ramadan 1442 Hijriah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi salah satu titik nasional pengamatan hilal untuk penentuan 1 Ramadan 1442 Hijriah, Senin (12/4).

Titik koordinat pengamatan hilal oleh OIF UMSU berlangsung di Kampus Pasca Sarjana UMSU, Jalan Denai, Medan, yang akan dihadiri oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Rektor UMSU, Dr. Agussani.

"Hari ini secara nasional adalah penentuan praktik pengamatan hilal menentukan 1 Ramadan 1442 Hijriah. Tim OIF UMSU dalam setiap tahun rutinitasnya. Kita menyelanggarakan dan memfasilitasi pengamatan Hilal untuk menentukan 1 Ramadan," kata Kepala OIF UMSU, dr. Arwin Rakhmadi Butar-butar.

Arwin menuturkan OIF UMSU sudah melakukan persiapan untuk pengamatan hilal sejak pekan lalu dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan alat-alat.

"Bahkan menyiapkan alat untuk pengamatan nanti sore. Persis digunakan setelah matahari tenggelam," ucap Arwin.

Menurutnya UMSU melalui OIF UMSU berkontribusi kepada pemerintah pusat dalam pengamatan hilal untuk penetapan hari pertama ibadah puasa di bulan Ramadan 1442 Hijriah.

"Sejak beberapa tahun ini, koordinat kita. OIF UMSU salah satu titik pemangatan hilal secara nasional dan Kantor Gubernur Sumut sejak lama dilakukan. Bila terlihat pengamatan akan disampaikan kepada Kementerian Agama," ungkapnya.

Arwin menjelaskan bahwa ‎secara keilmuan, ketinggian hilal pada hari ini 3 derajat lebih, tidak sampai 4 derajat. Tentu secara keilmuan secara berulangan-ulang sangat sulit.

"Namun demikian, posisi hilal masih positif berada di posisi di 3 derajat. Mudah-mudah langit sangat cerah dan sangat mempermudah pengamatan," jelasnya.

Untuk pengamatan hilal, Arwin mengatakan OIF UMSU menyiapkan empat teropong, salah satunya akan digunakan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

"Sejauh ini menyiapkan empat alat atau terporong. Yang mana dua teropong sudah terpasang. Untuk pengamatan bersama dengan oleh Pak Wali Kota Medan bersama unsur terkait disediakan di lapangan dan bisa digunakan nanti sore," ungkap Arwin.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi