Mencegah Kejahatan, Kurangi Kemiskinan

Mencegah Kejahatan, Kurangi Kemiskinan
Mantan Kepala Polisi Merseyside, Andy Cooke (Getty Images)

Analisadaily.com, Merseyside - Mengurangi kemiskinan dan memberi orang lebih banyak kesempatan adalah "cara terbaik" untuk mencegah kejahatan.

Andy Cooke, yang pensiun sebagai Kepala Polisi Merseyside, mengatakan lebih sedikit orang yang akan melakukan pelanggaran serius jika mereka ditawari kesempatan untuk benar-benar menghasilkan uang.

Mr Cooke, yang memegang posisinya selama lima tahun, juga menyampaikan, jika dia diberi anggaran £ 5 miliar untuk mengurangi kejahatan, dia akan menghabiskan £ 4 miliar untuk mengatasi kemiskinan.

"Pencegahan kejahatan terbaik adalah meningkatkan kesempatan dan mengurangi kemiskinan. Itulah cara terbaik untuk mengurangi kejahatan. Jadi, perlu ada dana yang cukup besar untuk infrastruktur di kota-kota terdalam kita dan daerah-daerah yang lebih tertinggal," kata Mr Cooke kepada The Guardian.

"Mengapa orang terlibat dalam kejahatan dan kejahatan serius? Itu karena peluang untuk menghasilkan uang di tempat lain tidak tersedia untuk mereka. Dan tidak pernah lebih dari di kota-kota terdalam kita dan di daerah kita yang lebih sulit untuk menjadi polisi," tuturnya dilansir dari Mirror, Senin (19/9).

Ditanya apa yang akan dia lakukan jika dia diberi £ 5 miliar untuk menghentikan kejahatan, Mr Cooke mengatakan dia akan menghabiskan £ 1 miliar untuk penegakan hukum dan sisanya untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan peluang.

"Jika Anda memberi seseorang kesempatan legal untuk benar-benar menghasilkan uang, kesempatan legal untuk benar-benar memiliki standar hidup yang baik, sejumlah orang akan mengambilnya karena mereka tahu mereka bisa tidur di tempat tidur pada malam hari," katanya.

"Mereka tidak perlu khawatir tentang apa yang terjadi dengan anak-anak dan apa yang terjadi dengan keluarga mereka dan pintu yang akan dibuka pada pukul tujuh pagi," ujarnya.

Ia juga mengatakan, "solusi" adalah "membangun kohesi komunitas" dengan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi kaum muda.

Selama 36 tahun karirnya sebagai petugas polisi, Mr Cooke telah memegang beberapa peran, termasuk bertanggung jawab atas Pasukan Perampokan dan Operasi Target di Unit Kejahatan Besar.

Dia juga komandan pertama unit Matrix, yang bertanggung jawab untuk menangani geng dan kejahatan senjata di Liverpool.

Mr Cooke telah ditunjuk untuk peran Yang Mulia Inspektur Kepolisian dan Inspektur Otoritas Kebakaran dan Penyelamatan di Inggris. Dalam peran barunya, dia akan mengawasi inspeksi terutama di Inggris Utara.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi