9 Rekomendasi Menu Buka Puasa Enak dan Praktis

9 Rekomendasi Menu Buka Puasa Enak dan Praktis
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Bulan Ramadan disambut antusias karena bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat muslim. Masyarakat antusias menyiapkan menu buka puasa sebelum Ramadan tiba agar keluarga tidak bosan menyantap menu makan yang biasa-biasa saja.

Daftar Menu Buka Puasa Pilihan Kaum Ibu

Sebagai ibu sekaligus istri harus bijak memilih menu untuk berbuka puasa. Jangan sampai kehabisan ide menu. Carilah inspirasi daftar menu buka puasa untuk satu bulan agar keluarga semangat berbuka bersama.

Zaman modern ini, mudah mencari menu untuk berbuka puasa. Anda bisa membeli secara online maupun memasak sendiri, berikut ada daftar menu yang bisa dicoba:

1. Sup Ayam Kentang

Setelah puasa seharian penuh, asupan nutrisi harus terpenuhi agar tubuh tetap bugar. Sup ayam kentang bisa dibuat menu berbuka karena kaya vitamin dan mineral, dijamin stamina kembali pulih usai berbuka.

Sup ayam kentang termasuk menu buka puasa tanpa ribet. Pastinya cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa, cara membuatnya pun mudah. Bahan-bahannya adalah kentang, wortel, ayam, tomat, air dan bumbu pelengkap lain.

2. Udang Kuas Asam Manis

Menu buka puasa selanjutnya adalah udang kuah asam manis. Hidangan tersebut membuat keluarga semangat berbuka puasa, apalagi rasanya enak dan menyegarkan. Waktu memasaknya pun singkat dengan bahan makanan mudah didapat.

Siapkan udang sebagai bahan utama, wortel, satu kaleng jamur kancing, daun bawang dan bumbu pelengkap lain. Anda bisa memasak dengan si kecil sekaligus melatih memasak buah hati.

3. Bola Daging Lada Hitam

Daging termasuk menu wajib di bulan Ramadhan karena kaya vitamin dan rasanya lezat. Anda bisa membuat hidang bola daging lada hitam untuk berbuka maupun sahur, atur tingkat kepedasannya agar buah hati merasakan lezatnya menu bola daging lada hitam.

Bahan yang harus disiapkan adalah daging giling, saus tomat, saus tiram, kecap manis, margarin, lada hitam. Jangan lupa campurkan dengan bumbu rempah-rempah agar hidangan semakin lezat.

4. Tumis Brokoli Bakso Sapi

Rekomendasi menu buka puasa selanjutnya, tumis brokoli bakso sapi. Hidangan tersebut praktis dan rasanya lezat, apalagi mayoritas anak menyukai bakso. Anda bisa membuat 2 porsi untuk si kecil tidak pedas dan orang dewasa pecinta pedas.

5. Salad Buah Praktis

Jangan salah loh, salad termasuk menu buka puasa pilihan banyak orang. Selain itu cocok untuk program diet karena menyehatkan. Pilihlah buah-buahan sesuai selera, berkreasilah membuat salad buah yang praktis dan menyehatkan.

6. Pecel Sayur

Menyantap pecel sayur mampu membangkitkan semangat setelah berpuasa seharian. Pastinya praktis dan cocok untuk diet, bahan-bahannya sederhana. Yaitu kol, sawi, kacang panjang, tauge dan buncis.

Untuk bahan bumbu kacangnya simple. Yaitu kacang tanah, daun jeruk, bawang putih dan bawang merah secukupnya, gula merah, asam jawa, garam dan cabai.

7. Kimbab Salmon

Buah hati malas berbuka karena nafsu makannya tidak bagus? Anda tak boleh pesimis. Berkreasilah membuat menu buka puasa unik agar nafsu makan si kecil terjaga. Hidangan kimbab salmon bisa dibuat karena praktis dan enak.

Si kecil pasti semangat karena menu buka puasa unik layaknya kimbab, makanan orang Korea. Bahan kimbab salmon bagus untuk kesehatan tubuh dan otak, alhasil cocok untuk anak-anak.

Bahan yang disiapkan adalah nasi kimbab, caranya adalah satu cup beras putih dan empat sendok makan beras ketan dengan perasan jeruk dan gula. Kemudian rumput laut kering, ikan salmon fillet, timun jepang, telur, gula pasir dan perasan jeruk lemon.

8. Perkedel Tahu Bayam

Perkedel tahu bayam termasuk menu buka puasa praktis tetapi bikin nagih. Perkedel bayam solusi cerdas kaum ibu yang malas menyajikan sayur bayam karena sekali makan. Alasannya karena bayam tidak bisa di hangatkan lantaran mengandung racun.

Anda bisa menyajikan perkedel tahu bayam untuk berbuka puasa sekaligus makan sahur. Bahan yang disediakan meliputi, tahu putih, bayam, daging giling, daun bawang dan bumbu rempah lainnya.

9. Capcay Kuah

Capcay termasuk hidangan favorit karena rasanya lezat, sajikan capcay kuah untuk berbuka puasa. Dijamin bikin nagih dan semangat beraktivitas lagi, bahanya mudah didapat dengan harga murah.

Siapkan sawi hijau secukupnya, sawi putih, wortel, brokoli dan jagung putren. Tambahkan bakso, sosis, daging ayam bagian dada, udang kecil dan bumbu rempah lainnya.

Hidangan menu buka puasa di atas bisa dipraktekkan di rumah. Jika malas keluar membeli bahan makanan puasa, bisa secara online. Anda bisa membeli bahan makanan di Shopee karena ada promo Shopee Big Ramadan Sale, gunakan promo COD Shopee agar pembelian aman.

Shopee menyediakan promo Ramadhan Goyang Berkah 10 M, Murah Lebay dan COD Gratis Ongkir Rp0. Pastinya belanja online lebih menyenangkan, jangan sampai ketinggalan promonya dari 7 April sampai 11 Mei.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi