Perpustakaan PTMA Harus Bergandeng Tangan dengan PDM dan PWM

Perpustakaan PTMA Harus Bergandeng Tangan dengan PDM dan PWM
Webinar dan Musywil FPPTMA Sumut-Aceh yang dilakukan melalui zoom, Rabu (28/4) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Umum Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aceh (FPPTMA) Irkhamiyati mengatakan, musywil FPPTMA Sumut-Aceh yang kelima dari sejumlah korwil yang sudah menyelenggarakan.

Hal tersebut sebuah renegerasi karena pergantian pengurus tidak bisa dihindari dan pasti terjadi. Harapannya dari pengurus lama ke baru akan ada peningkatan.

“Dari Korwil Sumut Aceh bisa merefleksi diri, program kerja apa saja yang terlaksana, mana yang belum dan akan direncanakan, sehingga selalu bergerak. Masing-masing program menyentuh akar rumput, tidak hanya pengurus saja yang merasa adanya FPPTMA, tetapi juga anggota merasakannya,” katanya pada Webinar dan Musywil FPPTMA Sumut-Aceh yang dilakukan melalui zoom, Rabu (28/4).

Kemajuan perpustakaan PTMA, katanya, tidak terlepas dari dukungan pimpinan seperti rektorat, sehingga selalu mengharakan support, baik moril maupun materil agar perpustakaan berperan besar turut membantu visi dan misi universitas.

“Program dari FPPTMA saat ini cukup banyak, seperti tim pendampingian perpustakaan sekolah, maupun perguruan tinggi. Seiring dengan program percepatan akreditasi, maka teman-teman sudah menjalankan tugas. Perpustakaan mana yang benar-benar siap ikut akreditasi sesuai program Perpusnas,” ucapnya.

Dia minta perpustakaan PTMA bergandengan tangan dengan PDM dan PWM setempat, karena dengan bersinergi dari perguruan tinggi hingga sekolahan, kemajuan bersama akan terwujud.

Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor I, Muhammad Arifin Gultom mengatakan, dalam berorganisasi harus ada pembagian kerja, mana yang harus dan tidak boleh dilakukan.

“Kita harus selalu meningkatkan skill dan kemampuan anggota FPPTMA dalam mendapat sumber daya,” katanya.

Saat ini perpustakaan tidak lagi konvensional, tetapi sudah digital. FPPTMA diharapkan memiliki sarana terhadap perpustakaan digital. Melalui FPPTMA pembangunan skill pustakawan dan stafnya tidak lagi konvensional, tetapi juga digital, dan ini perlu dikembangkan pada masa depan.

“Di UMSU sudah ada dilakukan pengembangan perpustakaan digital. Saya kira FPPTMA yang lain bisa memikirkan ke sana,” katanya.

Terpilih

Pustakawan yang juga Koordinator Perpustakaan Fakultas Kedokteran UMSU, Elfinawati, terpilih secara aklamasi pada Musywil FPPTMA Korwil Sumut-Aceh.

Adapun sekretaris, Khairul Rosyadi Daulay, (UMSU), Ernawaty (STIKES Muhammad Aceh), Bendahara Lia Fitriani (UNMUHA), dan Nurhidayah (UMSU) dibantu Ketua Bidang SDM dan Diklat Syahril (UMTS), Ketua Bidang Kerja Sama dan Koordinasi, Nurul Rahmi (UNMUHA), dan Ketua Bidang Teknologi Informasi, Isva Affanura Khairi, (UMSU). Masing-masing dibantu anggota.

Ketua Korwil FPPTMA Sumut-Aceh, Elfinawati mengatakan akan membawa FPPTMA Korwil Sumut-Aceh ke arah lebih baik. Maka, dirinya minta dukungan dan masukan kepada semua pihak.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi