Virgil van Dijk Putuskan Tidak Tampil di EURO 2020

Virgil van Dijk Putuskan Tidak Tampil di EURO 2020
Pemain bertahan Liverpool, Virgil van Dijk (kanan) saat berdiskusi dengan tim medis (AFP/Laurence Griffiths)

Analisadaily.com, Merseyside - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, mengesampingkannya dari skuad Belanda untuk Euro 2020 karena fokus pemulihan untuk memulai musim Liga Premier musim depan.

Kapten tim Oranye itu telah absen selama tujuh bulan usai menjalani operasi pada ligamen krusiat yang pecah di lutut kanannya. Dia mengakui telah berada di tempat yang buruk pada awal pemulihannya tetapi mengatakan dia sekarang merasa lebih positif setelah kembali berlari ringan.

"Saya baru saja berkembang dengan baik. Pada tahap terakhir ini untuk diri saya sendiri, saya telah mengambil keputusan yang harus saya buat - apakah saya akan terlibat di Euro, ya atau tidak?," kata Van Dijk dilansir dari Channel News Asia, Rabu (12/5).

"Dengan semua yang terjadi, saya merasa secara fisik itu adalah keputusan yang tepat, bahwa saya telah memutuskan untuk tidak pergi ke Euro dan pergi ke fase rehabilitasi terakhir saya selama musim sepi. Jadi fokus penuhnya adalah pada pramusim dengan klub dan itu adalah tujuan yang realistis, jadi saya menantikannya," tuturnya.

Pemain berusia 29 tahun ini juga menyampaikan, dia "patah hati" karena absen pada Kejuaraan Eropa yang ditunda, yang dimulai bulan depan, tetapi merasa tenang dengan keputusannya.

"Dokter bedah sangat senang dengan semua yang terjadi dan, seperti yang saya katakan, hal baiknya adalah sejauh ini saya tidak mengalami kemunduran dan mudah-mudahan itu tidak akan terjadi," sambungnya.

Kegagalan Belanda lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 berarti Van Dijk akan berusia 31 tahun sebelum ia dapat melakukan debut turnamen utamanya, asalkan mereka lolos ke putaran final Piala Dunia di Qatar tahun depan.

"Saya pikir keputusan ini benar-benar tepat, menurut pendapat saya, untuk memberi tubuh dan lutut saya sedikit lebih banyak waktu ekstra untuk bersiap-siap menghadapi 18 bulan yang semoga besar, setidaknya dengan klub tetapi juga dengan negara saya. karena kami mencoba untuk pergi ke turnamen berikutnya setelah ini juga dan itu dimulai pada bulan September," katanya.

"Jelas saya ingin kembali ke sana, saya ingin membantu rekan satu tim saya, membantu negara saya dalam hal ini dan saya jelas ingin membantu klub, tetapi saya pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan untuk tetap a sedikit lebih sabar dan bekerja lebih keras selama musim sepi dan bersiap-siap," ucapnya.

Van Dijk tidak bermain untuk Liverpool sejak menderita cedera lutut dalam tantangan buruk dari kiper Everton Jordan Pickford saat bermain imbang 2-2 di Liga Premier pada bulan Oktober.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi