Pengurus Kamus Palas Dikukuhkan, Dakwah Bil Hal Penting Digalakkan

Pengurus Kamus Palas Dikukuhkan, Dakwah Bil Hal Penting Digalakkan
Pengukuhan pengurus Kamus Palas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Keluarga Abituren Musthafawiyah (DPD Kamus) Kabupaten Padang Lawas periode 2021-2024 dikukuhkan di Aula Hotel Almarwah Sibuhuan, Kamis (10/6).

Pengukuhan yang dirangkai dengan Halal bihalal itu berlangsung hikmat dan dihadiri ratusan alumni Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru.

Acara dengan tema 'Meneladani Spirit Ukhuwah dan Dakwah Musthafa Husein Menuju Padang Lawas Bercahaya' itu mengemukakan betapa saat ini pentingnya digalakkan dakwah bil hal.

Karena salah satu masalah yang sedang dihadapi umat muslim saat ini adalah minimnya dahwah bil hal.

Ketua Kamus Padang Lawas, Mara Kombang Hasibuan, mengatakan Kamus siap bergandengan tangan dengan Pemkab Padang Lawas untuk bersinergi dalam membangun dan mewujudkan Palas yang bercahaya.

"Pada prinsipnya kehadiran Kamus di Palas siap memberikan dukungan untuk kemajuan dan kemakmuran Padang Lawas," kata Mara Kombang.

Sementara Ketua Umum DPP Kamus, Salamuddin, mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan pengurus untuk menggerakan organisasi Kamus. Diantaranya perlu tindakan nyata.

"Tindakan nyata itu harus datang dari pengurus. Seperti sekretariat organisasi harus ada secepatnya," ujar Salamuddin.

Selanjutnya, kata Salamuddin, yang harus segera dilakukan adalah menyusun program ke depan. Program yang akan disusun tidak harus muluk-muluk, sederhana tetapi memungkinkan untuk dilaksanakan.

"Ini juga sesuai dengan tema yang diambil pada pengukuhuan ini, yakni meneladani spirit dan dakwah Syekh Mustafha Husein," kata Salamuddin.

Sedangkan Syekh Mahmuddin Pasaribu, guru besar Pondok Pesanteren Musthafawiyah Purba Baru juga mengingatkan betapa pentingnya dakwah bil hal.

"Salah satu untuk menjawab berbagai persoalan di tengah masyarakat adalah dengan menggalakkan dakwah bil hal," ujar Syekh Mahmuddin.

Mahmuddin menjelaskan dakwah bil hal itu sama artinya dengan tindakan nyata. "Kekuatan kita tidak ada jika dakwah bil hal tidak jalan. Seperti menggalakkan infaq berjamaah ini penting sehingga ekonomi ummat bisa berjalan," sebutnya.

Bayangkan, kata Mahmuddin, jika infaq berjamaah berjalan, maka semua sektor bisa digerakkan melalui infaq berjamaah tersebut.

"Inilah beban kita ke depan termasuk pengurus Kamus," tegasnya.

Di samping itu, program lainnya juga penting digerakkan seperti membudayakan forum diskusi atau muzakaroh terkait persoalan yang belum tuntas dan sering terjadi di tengah masyarakat.

"Kehadiran Kamus tentunya diharapkan mampu memberikan jawaban dan solusi terhadap persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat," pinta Mahmudin.

Dalam komposisi pengurus terdiri dari Ketua Kamus Palas Mara Kombang Hasibuan, Sekjen Sahron Rizal Harahap, Bendahara Parlindungan Hasibuan.

Hadir dalam acara itu, Asisten I Pemerintahan Kabupaten Palas Panguhum Nasution, Kakan Kemenag Abdul Manan, Ketua MUI Palas Ismail Lubis, Sekjen Kamus Pusat Dedi Pranoto, Ketua Badan Komunikasi Pondok Pesantren Ahmad Fauzan Hasibuan, para pimpinan pondok pesantren di Palas dan undangan lainnya.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi