Hanya 10 Anggota DPRD Sergai Berkinerja Baik Menurut Survei LSN

Hanya 10 Anggota DPRD Sergai Berkinerja Baik Menurut Survei LSN
Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk (Analisadaily/Muhammad Zulfadly)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Setelah melakukan penilaian berdasarkan hasil survei yang dilakukan relawan, Lembaga Survei Nusantara (LSN) menetapkan 10 orang anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) periode 2019-2024 yang bekerja dengan baik sejak dilantik pada 28 Oktober 2019 lalu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk, saat menggelar konferensi pers di RM Cindelaras, Sei Rampah, Sabtu (12/6).

Humuntal juga mengatakan, dari 45 orang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kabupaten Sergai, tercatat hanya 10 anggota dewan yang dinilai berkinerja baik di tengah masyarakat.

“Ya, hanya 10 orang saja, dan penilaian ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan relawan LSN terhadap 850 responden,” ujarnya.

Humuntal memaparkan, penilaian tersebut dimulai sejak 5 Juni hingga 9 Juni 2021 di 17 kecamatan dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon dan tatap muka pada tokoh masyarakat, agama, pendidikan, budayawan serta insan pers.

“Survei kinerja ini merupakan sosial kontrol terhadap seluruh anggota DPRD setelah setahun lebih dilantik. Kemudian, masyarakat tentunya ingin juga mengetahui apa yang mereka kerjakan di ruang parlemen maupun di tengah masyarakat,” katanya.

Menurut Humuntal, sebagai lembaga independen, LSN wajib menyampaikan hasil pendapat masyarakat melalui survei kinerja ini, sekaligus turut memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga ke depan mereka lebih cerdas untuk mengenal dan memilih wakilnya di Pileg 2024 mendatang.

“Mungkin hasil survei ini tidak memuaskan semua pihak, karena hanya 10 anggota DPRD Sergai periode 2019-2024 yang dinilai baik. Walau demikian, hasil penilaian saat ini harus disikapi dengan bijak oleh seluruh anggota dewan,” ucapnya.

Adapun 10 nama dewan berkinerja baik diparlemen dan di tengah masyarakat menurut 850 responden setelah dilakukan survei yaitu, Jalaluddin (Golkar), M Ilham Ritonga (Gerindra), Taufik Kurrahman (Demokrat).

Kemudian Hari Ananda (PPP), M Riski Ramadhan Hasibuan (Gerindra), Siswanto (Nasdem), Merlin Barus (PDIP), Edi Resmanto (Golkar), Togar Situmorang (PDIP) dan Sugiatik (PPP).

(MZ/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi