PPDB Online Alami Gangguan, Dinas Pendidikan Minta Maaf

PPDB Online Alami Gangguan, Dinas Pendidikan Minta Maaf
Konferensi pers Cabang Dinas Pendidikan wilayah Siantar bersama Kepala Kekolah SMA dan SMK Negeri terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 4 Pematangsiantar, Senin (21/6). (Analisadaily/Fransius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Cabang Dinas Pendidikan wilayah Siantar bersama Kepala Kekolah SMA dan SMK Negeri menggelar konferensi pers terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021-2022 di SMAN 4 Pematangsiantar, Senin (21/6).

Kacabdisdik Siantar, James A Siahaan, menyampaikan sesuai kebijakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut ada ketentuan terbaru menyangkut PPDB cabang dinas Siantar.

"Perlu kami sampaikan saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Sumut sedang melakukan perawatan atau maintenance," kata James.

Berkaitan dengan hal itu, ia memohon maaf kepada seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara, atas ketidaknyamanan atau adanya gangguan-gangguan dari pada website PPDB online 2021. Sehingga calon peserta didik baru kita mungkin tidak maksimal dalam pendaftaran online.

"Kami minta maaf dari Dinas Pendidikan Sumut. Adapun jadwal kita untuk perbaikan atau maintenance server itu dilakukan sejak tanggal 18 Juni sampai tanggal 27 Juni 2021, setelah itu kita akan kembali melakukan PPDB dari jalur zonasi mulai tanggal 28 Juni sampai tanggal 2 Juli 2021. Kemudian pengumuman dari jalur zonasi akan diumumkan tanggal 3 sampai 4 Juli 2021," ucap James.

Kemudian, PPDB untuk calon siswa SMK di mulai tanggal 3 Juli sampai 8 Juli 2021, dan pengumuman dilakukan tanggal 9 sampai 10 Juli 2021.

"Kepada calon peserta didik yang telah lulus akan menunggu untuk melakukan pendaftaran ulang, dan kami akan sampaikan lagi melalui press release bagaimana kebijakan yang dilakukan dan dinyatakan lulus," tuturnya.

Cabdis Siantar yang meliputi wilayah kota Pematangsiantar dan kabupaten Simalungun calon peserta didik yang sudah berhasil mendaftar melalui jalur zonasi tidak perlu mendaftar ulang.

"Bagi Calon peseta didik baru (CPDB) melalui jalur Zonasi kami menyediakan tempat sarana atau wadah untuk dibimbing sampai anak-anak kita bisa mendaftar dengan baik, " ujarnya.

Apabila ada kendala bisa dikontak langsung ke Cabdis Siantar dengan no. "HP 082164303095 atas nama Tri Wandes Sinurat, 081260600066 atas nama Rudi Gunawan, 082294233336 atas nama D. Sihombing no kontak person kami selalu aktif 24 jam untuk melayani bagi CPDB secara online.

Pesera didik baru yang lulus melalui jalur afirmasi, perpindahan orangtua/wali, dan prestasi untuk kota Siantar terdiri dari 6 SMAN, dari jalur Afirmasi sebanyak 276 orang, dari jalur perpindahan orangtua/wali sebanyak 51 orang dan jalur prestasi sebanyak 463 orang serta non akademik 16 orang jadi total peserta yang lulus sebanyak 893 orang.

Sedangkan di kabupaten Simalungun melaui jalur afirmasi sebanyak 506 orang, non akademik sebnyak 874 orang, perpindahan orangtua/wali sebanyak 16 orang dan prestasi akademik 4 orang, jadi total yang lulus sebanyak 1.400 orang dari 20 SMAN yang ada di kabupaten Simalungun.

Kacabdis Siantar juga menyampaikan kuota yang diterima calon peserta didk baru TP. 2021/2022 Negeri se-Siantar-Simalungun sebanyak 7308 orang untuk 26 SMAN, sedangkan untuk SMK Negeri se-Siantar-Simalungun sebanyak 2448 orang untuk 9 SMKN.

Kepala SMAN 4 Pematangsiantar, Rudol B. Manurung, mengutarakan tentang kesiapan sekolah untuk PPDB jalur zonasi untuk daftar ulang masih menunggu juknis supaya tidak merugikan CPDB yang sudah diterima.

Kemudian untuk jalur zonasi dari perpanjangan PPDB dari panitia PPDB Sumut berarti sudah betul-betul menyiapkan server dan aplikasi yang baru supaya bisa nantinya terlaksana dengan baik.

"Kami dari pihak sekolah apabila nanti ditunjuk untuk melakukan verifikasi data, kami sudah siap dengan catatan tetap selalu kordinasi dengan operator cabdis Siantar. Dalam hal ini kita sifatnya membantu tetapi untuk menetapkan tetap dari PPDB Sumut. Perlu kami sampaikan kepada masyarakat yang menentukan bukan sekolah tetapi sistem PPDB Sumut, yang bisa kita bantu adalah data CPDB," ujarnya.

"Kita berharap dari sekolah semoga aplikasi yang baru ini lebih bagus dan tidak ada kendala bagi calon PPDB saat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi online. Kita juga dari sekolah siap 24 jam membantu secara online, jadi akun CPDB itu dipercepat supaya tidak ada dirugikan," sambungnya.

Ketua MKKS Simalungun, Saor B. Sihotang mengatakan, dalam PPDB ini kita sifatnya hanya membantu, jadi disekolah ada juga panitia untuk membantu bagaimana proses dalam pendaftaran itu berjalan dengan baik.

"Kita dari sekolah siap membantu untuk melakukan PPDB jalur zonasi secara online," kata dia.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi