Belanja di Sini Pakai QRIS, Bisa Dapat Promo Kemerdekaan

Belanja di Sini Pakai QRIS, Bisa Dapat Promo Kemerdekaan
Promo belanja kemerdekaan (Analisadaily/Fransius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Dalam rangka Pekan QRIS Nasional 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kota Siantar melaksanakan promo belanja kemerdekaan. Namun yang pasti harus pakai QRIS.

Promo belanja ini bekerjasama dengan pusat perbelanjaan Ramayana Siantar, Suzuya Siantar dan Home Idea Siantar. Demikian keterangan tertulis yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Siantar, Muqorobin melalui Unit Data Statistik dan Kehumasan (UDSK) KPw BI Siantar Sabtu (12/8)

Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2019 implementasi Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS telah memasuki tahap usage menuju quality yang perlu diperkuat melalui peningkatan pemahaman pengguna dan merchant untuk mencapai tingkat advokas dan perluasan transaksi.

"Konsep implementasi QRIS terdiri atas tahap awareness, usage, dan quality. Pada tahap usage tujuan implementasi QRIS adalah meningkatkan penggunaan QRIS, baik dari sisi pengguna, volume transaksi, maupun merchant," tuturnya.

Dengan sasaran perluasan penggunaan QRIS di berbagai sektor baik dari sisi jumlah pengguna, volume transaksi, maupun pembentukan ekosistem yang tercermin dari jumlah merchant.

Ada tiga yang menjadi sasaran pengguna QRIS selanjutnya. Pertama yaitu pengguna yang belum memiliki akun pembayaran. Kedua yang memiliki akun pembayaran namun belum terhubung dengan kanal digital atau memiliki akun pembayaran dan terhubung dengan kanal digital namun belum menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran. Dan yang ketiga yaitu merchant yang belum menjadikan QRIS sebagai preferensi utama dalam menerima pembayaran serta perlunya penguatan pemahaman manfaat dan keamanan bertransaksi dengan QRIS.

"Sesuai prinsip di atas dilaksanakanlah Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 pada 14-20 Agustus 2023, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah KPwDN di Indonesia yang meliputi transaksi, merchant, dan pengguna melalui onboarding, edukasi, showcase, hiburan, dan perlombaan. Stakeholders meliputi DPR/DPRD, Pemda, pemuka agama, asosiasi, industri, influencer, merchant, dan masyarakat menjadi pemeran utama dalam setiap kegiatan Pekan QRIS Nasional 2023," sambungnya.

Jadi dalam Mengoptimalkan sinergi dengan kegiatan lain, Bank Indonesia Siantar bekerjasama dengan beberapa pusat perbelanjaan diantaranya Ramayana Siantar, Suzuya Siantar, dan Home Idea Siantar melaksanakan promo belanja berhadiah dengan pembayaran QRIS minimal Rp 200.000,- per transaksi dan syarat belanja yang ditentukan.

"Mari dukung Pekan QRIS Nasional 2023 dengan terus pakai QRIS-mu untuk setiap transaksi pembayaran di merchant-merchant terdekat. QRIS Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal," tutupnya.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi