Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau Memiliki Nilai Strategis

Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau Memiliki Nilai Strategis
Kerajinan tangan Batik, salah satu produk yang dipamerkan di Sentra Gerai Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, secara daring di Jakarta, Sabtu (3/7).

Kata dia, gerai ini hasil kerja sama antara SKK Migas dan Chevron Pasific dengan Lembaga Adat Melayu Riau dan Pemerintah Provinsi Riau, pada 2 Maret 2020 lalu.

Dia berharap, ini menjadi wadah pelaku ekonomi kreatif dalam berjejaring, berorganisasi, pengembangan bisnis, dan mempererat ikatan antar anggota komunitas pada sektor ekonomi kreatif dan budaya.

“Saya dengan bangga, hari ini meresmikan pembangunan dan pemanfataan Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. Semoga dapat mendorong inovasi, mendorong kolaborasi, kepada seluruh pemangku kepentingan, dengan prinsip 3G, gerak cepat, karena we don’t have much time, gerak bersama, dan gaspol, garap semua potensi lapangan kerja,” ujarnya.

Sandiaga lanjut menjelaskan, sektor ekonomi kreatif ini memiliki potensi besar untuk terus tumbuh. Karena, Indonesia saat ini memiliki demografi yang 53 persen didominasi oleh kaum milenial dan generasi Z, serta keragaman kekayaan seni dan budaya.

Selain itu, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia, karena banyak menyerap tenaga kerja.

Tercatat dari data yang dihimpun dalam Opus Creative Economy Outlook tahun 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1,105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Dan menyerap 17 juta tenaga kerja. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar di sektor ekonomi kreatif.

“Oleh karena itu, pembangunan sentra ini memiliki nilai strategis bagi pelestarian budaya Melayu, sekaligus pengembangan ekonomi kreatif di Riau," ucapnya.

Tentunya, diperlukan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan pada gerai tersebut, agar dapat menjadi salah satu ikon destinasi wisata sekaligus menarik minat wisatawan, khususnya generasi milenial untuk belajar nilai dan kebudayaan Melayu.

Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau tidak hanya digunakan untuk menampilkan berbagai jenis kerajinan budaya, kuliner, dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau, tapi juga menampilkan kegiatan seni dan budaya yang akan dilakukan secara rutin, seperti seni, tari, musik, atau pertunjukan lainnya.

Gubernur Riau, Datuk Setia Amanah Syamsuar, menyampaikan terima kasih kepada Sandiaga yang berkenan hadir, sekaligus meresmikan gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif Melayu Riau.

Karena kehadiran mampu memberikan semangat dan motivasi yang besar bagi masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Riau, dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan tantangan ekonomi.

“Ini adalah kesempatan kita di Riau mengembangkan ekonomi kreatif, sekaligus mempromosikan produk-produk lokal ekonomi kreatif dan budaya Riau yang cukup banyak. Mudah-mudahan melalui gerai ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau,” kata Datuk Setia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi