Grand Prix F1 dan MotoGP Australia Dibatalkan

Grand Prix F1 dan MotoGP Australia Dibatalkan
Sirkuit Albert Park di Melbourne pada 13 Maret 2020, setelah diumumkan bahwa Grand Prix Formula 1 Australia akan dibatalkan. (Reuters/Edgar Su)

Analisadaily.com, Sydney - Grand Prix Australia dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut dengan putaran ke-21 kejuaraan Formula 1. Ini menjadi korban dari kontrol perbatasan yang ketat negara karena pandemi Corona.

"Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa Grand Prix Australia 2021 telah dibatalkan karena pembatasan dan tantangan logistik terkait pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung," kata penyelenggara dilansir dari Channel News Asia, Selasa (6/7).

Putaran kejuaraan dunia MotoGP Australia, yang dijadwalkan di Phillip Island pada 24 Oktober, juga dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut.

"Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan komplikasi perjalanan serta pembatasan logistik yang diakibatkannya berarti belum mungkin untuk mengkonfirmasi kelayakan acara saat ini, dan karena itu tidak akan ditampilkan di kalender 2021," kata penyelenggara.

Penyelenggara mendapat hambatan atas persyaratan Australia untuk kedatangan luar negeri untuk menjalani 14 hari karantina wajib.

Balapan Formula 1 telah diundur dari slot pembukaan musim tradisional pada Maret hingga 21 November, setelah Grand Prix Brasil dan sebelum balapan perdana di Arab Saudi.

Pembatalan berarti dua tahun tanpa balapan di Albert Park Melbourne setelah edisi 2020 dibatalkan secara dramatis tepat sebelum sesi latihan pembukaan.

Ini mengikuti Grand Prix Singapura , yang dijadwalkan 3 Oktober, juga dibatalkan karena kekhawatiran Covid-19.

Sirkuit MotoGP juga dilewati Australia tahun lalu karena pandemi.

Sementara Australia telah menjadi salah satu negara paling sukses di dunia dalam mengatasi virus corona, Melbourne telah berjuang melalui beberapa penguncian.

Kerumunan sekarang kembali ke stadion olahraga di kota, tetapi kekhawatiran tetap tinggi dengan Sydney saat ini dalam penguncian karena menangani wabah varian Delta yang sangat menular.

Perdana Menteri negara bagian Victoria, Dan Andrews, sebelumnya menyarankan pembatalan itu kemungkinan karena tingkat vaksinasi lokal yang rendah dan pengurangan penerbangan internasional ke Australia.

"Waktunya tidak cukup tepat, dan itu membuatnya sangat, sangat menantang. Kami bekerja sangat erat dengan semua mitra kami, terutama F1 dan juga MotoGP. Tetapi beberapa hal mungkin terjadi dalam pandemi dan beberapa hal sangat sulit," kata dia

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi