Warga Asahan Positif Covid-19 Mencapai 1.537 Orang

Warga Asahan Positif Covid-19 Mencapai 1.537 Orang
Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Hingga saat ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan menyampaikan warga yang terkonfirmasi Covid-19 sudah mencapai 1.537 orang.

Dari jumlah tersebut, 100 orang diantaranya meninggal dunia, 1.368 orang dinyatakan sembuh, 69 orang masih menjalani perawatan dan 57 orang suspek.

"Ini total data rekapitulasi sebaran Covid-19 per kecamatan yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Jumat (9/7).

Lebih lanjut Rahmat Hidayat menjelaskan warga yang terpapar Covid-19 sampai hari ini ada di 25 kecamatan.

Oleh sebab itu dia mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Pemkab Asahan terus mengimbau kepada warga Asahan untuk tetaplah mematuhi segala imbauan protokol kesehatan agar angka penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan hilang dari Asahan," ujar Kapala Dinas Kominfo Asahan itu.

Salah seorang masyarakat, Rudiansyah Ritonga, mengapresiasi Pemkab Asahan yang sudah melaksanakan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

"Kita juga sering melihat Pemkab Asahan bersama TNI-Polri memberikan imbauan prokes kepada masyarakat yang melakukan aktivitas," ungkap Rudiansyah Ritonga.

Meski demikian Rudi menyebut seharusnya Pemkab Asahan lebih tegas kepada masyarakat yang melanggar prokes Covid-19 di lapangan, seperti pusat perbelanjaan yang bisa menimbulkan kerumunan.

"Kalau bisa sanksi seharusnya lebih tegas diberikan agar menimbulkan efek jera terhadap orang yang melanggar prokes Covid-19. Padahal perintah pusat sudah menginstruksikan untuk memberikan sanksi kepada yang melanggar," ujarnya.

(ARI/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi