Ringankan Beban Masyarakat di Suasana Pandemi, Musa Rajekshah Bagikan Bansos

Ringankan Beban Masyarakat di Suasana Pandemi, Musa Rajekshah Bagikan Bansos
Musa Rajekshah saat membagikan bansos ke masyarakat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Guna meringankan beban masyarakat, khususnya akibat dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bantuan sosial (bansos) Jumat (30/7).

Bansos tersebut berupa sembako dan nasi bungkus, yang diberikan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar, Musa Rajekshah, kepada warga yang bermukim di kawasan bantaran sungai di Jalan Sei Deli dan pengendara bermotor di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Ketua DPD Partai Golkar Sumut, yang juga Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, jika Partai Golkar baik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumut memang telah diinstruksikannya untuk mulai berkegiatan sosial di masyarakat sejak pekan lalu.

Menurutnya hal ini penting untuk dilakukan, apalagi sejumlah daerah di Sumut harus menerapkan PPKM level IV seperti Medan dan level III karena situasi pandemi Covid-19, pastinya keterbatasan masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari tidak dapat berjalan normal.

"Kita tahu, ada masyarakat kita yang bekerja hari ini untuk makan hari ini juga, sehingga secara ekonomi akan berpengaruh pada masyarakat. Tapi kita melihat, pemerintah juga melihat situasi kesehatan itu yang terpenting, namun bukan berarti meninggalkan masyarakat kita yang berkesusahan, tidak," ungkapnya.

Jadi lanjut Musa Rajekshah menyebut, Partai Golkar pun tergerak hatinya untuk memberikan bantuan sosial. Pada hari ini, jelas dia, bantuan sosial dilakukan di 5 titik di Kota Medan, baik pembagian nasi bungkus maupun pembagian sembako.

"Untuk nasi bungkus ini, sengaja kami programkan membeli dari kedai nasi supaya penjualannya bisa meningkat dan kami bagikan lagi kepada yang membutuhkan. Kemudian pembagian sembako kami bagikan kepada masyarakat tidak berkemampuan yang datanya kami minta langsung dari kepling dan lurah, hari ini kita bagikan di bantaran sungai," jelasnya.

Musa Rajekshah berharap, apa yang dilakukan dirinya dan Partai Golkar ini bisa memotivasi pihak lainnya untuk bisa berbuat kegiatan sosial serupa dalam membantu masyarakat dan pemerintah. Sedangkan yang dilakukan Partai Golkar sendiri, sambung dia, kegiatan ini akan terus berlangsung setiap hari tanpa adanya batasan.

"Kami minta semua kawan-kawan terus lah berbuat," tandasnya.

Sementara itu, saat pembagian bantuan berlangsung, warga pun antusias menyambut kedatangan Musa Rajekshah. Bahkan ada beberapa warga yang menangis, karena merasa terharu dengan bantuan yang diberikan.

Namun saat pembagian sembako berlangsung, Musa Rajekshah sempat merasa terkejut karena adanya 3 keluarga asal Sigli, Aceh yang tinggal di bawah kolong jembatan Jalan Gatot Subroto. Melihat itu, dia pun spontan mendatangi dan memberikan bantuan kepada mereka.

Musa Rajekshah mengaku, hal ini tentu akan menjadi catatan dan perhatian dari pihaknya. Dia juga mengatakan, kedepannya, dirinya akan berkoordinasi dengan Wali Kota Medan.

"Memang masyarakat ini tidak terdata kependudukannya karena bukan masyarakat Sumut setelah tadi saya berbicara dengan dia. Tapi bukan juga kemauan dia untuk jadi miskin, dan bukan kemauan dia untuk tidak punya tempat tinggal. Namun ini fakta yang terjadi di tengah masyarakat kita. Jadi kita mulai sekarang harus membenahi dan melakukan apa yang bisa dilakukan untuk ke depan," tandasnya.

Seorang warga yang mendapatkan bantuan, Nuraisyah mengaku merasa terharu atas bantuan yang diberikan kepadanya. Karena sejak pandemi Covid-19 ini dia tidak bisa bekerja seperti biasanya, sehingga ekonomi keluarganya sangat berkekurangan.

"Saya terharu sekali dan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Musa Rajekshah. Ini sangat membantu sekali bagi keluarga kami, semoga Bapak Musa Rajekshah dan keluarga semuanya selalu diberi kesehatan," katanya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi