Dosen UMSU Rancang Bangun Mesin Pengaduk Selai Srikaya untuk UKM

Dosen UMSU Rancang Bangun Mesin Pengaduk Selai Srikaya untuk UKM
PKM Dosen UMSU rancang bangun mesin pengaduk selai srikaya untuk UKM Zuhro Bakery (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memiliki kewajiban untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dimaksudkan untuk memberikan bantuan berupa mesin pengaduk selai srikaya kepada mitra, yaitu UKM Zuhro Bakery.

Hal itu didasarkan pada pengamatan tim yang diketuai Susi Handayani, bahwa proses pemasakan dan pengadukan selai srikaya tentu berdampak pada kelelahan dan produktivitas karyawan.

Dengan adanya mesin pengaduk ini, Ketua tim Pengabdian UMSU, Susi Handayani, didampingi Lila Bismala dan Lailan Safina berharap dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan sekaligus meningkatkan kapasitas produksi selai srikaya.

Kegiatan ini diapresiasi Muhammad Juhri, selaku pemilik UKM Zuhro Bakery, karena diharapkan mampu mengatasi permasalahan terkait produktivitas karyawan dan peningkatan kapasitas produksi.

Juhri mengatakan, selama ini seorang karyawan akan melakukan proses pengadukan selama lebih dari 4 jam, yang tentunya akan berdampak pada kelelahan dan produktivitasnya.

“Diharapkan setelah adanya mesin ini, akan dapat mengatasi permasalahan itu,” katanya, Jumat (6/8).

Dalam melakukan rancang bangun mesin pengaduk srikaya ini, tim pelaksana PKM ini melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin.

“Agar Mahasiswa mampu mengimplementasikan kemampuan dan ketrampilannya dalam melakukan rancang bangun mesin, serta ada sinergi yang baik antara dosen dan mahasiswa,” ucap Susi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi