Dosen PGSD UMSU Latih Guru Buat Video Pembelajaran Pakai Smartphone Android

Dosen PGSD UMSU Latih Guru Buat Video Pembelajaran Pakai Smartphone Android
Pelatihan oleh dosen PGSD UMSU untuk guru membuat video pembelajaran gunakan smartphone Android (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Perguruan Tinggi di Indonesia menganut Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, dosen PGSD FKIP UMSU mengadakan program kerja.

Hal itu dilakukan sebagai pengaplikasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Pengabdian ini rutin dilaksanakan di setiap tahunnya. Pada tahun ini, pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SD Negeri 027977 Binjai dan SD Negeri 024183 Binjai.

Dengan mengusung tema ‘Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Android di Sekolah Dasar’, penelitian tersebut berlangsung selama 2 hari di bulan Juli 2021.

Selama melakukan pelatihan dan pendampingan, tim dosen PGSD yaitu Karina Wanda, Indah Pratiwi, dan Chairunnisa Amelia, menjalankan aktivitas-aktivitas pengabdian ditujukan kepada beberapa guru sekolah dasar yang berada di SD Negeri 027977 Binjai dan SD Negeri 024183 Binjai.

Dengan adanya pengabdian tersebut, diharapkan para guru dapat menerapkan ilmu yang diberikan oleh dosen-dosen PGSD FKIP UMSU agar dapat diterapkan dalam proses pengajaran, terutama dalam pembelajaran daring, video merupakan media yang paling dominan dipakai oleh guru-guru.

“Dengan diberikannya pelatihan dan pedampingan serta pembelajaran kepada guru tentang pembuatan media video pembelajaran menggunakan aplikasi Android, itu semua dilakukan dengan tujuan bisa mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pengabdian kepada masyarakat,” kata Karina Wanda, ketua tim dosen PGSD FKIP UMSU mengabdi, Senin (9/8).

Kegiatan ini terasa masih kurang. Dengan waktu yang singkat, dosen PGSD berharap agar pelatihan dan pedampingan tidak hanya saat itu saja. Melainkan adanya pelatihan dan pedampingan, selanjutnya agar tim dosen PGSD bisa menyalurkan ilmu kepada guru sehingga dapat memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Binjai, yang mana pada daerah tersebut masih perlu ditingkatkan lagi mutu pendidikannya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pembuatan media video pembelajaran menggunakan aplikasi yang ada di hanphone Android bagi guru-guru di sekolah ini, karena saya merasa kegiatan pelatihan ini sangat diperlukan, terutama pada masa pandemi di mana kita melaksanakan pembelajaran daring, semoga akan selalu ada program pelatihan seperti ini,” ujar Nurcahaya Simatupang, selaku Kepala Sekolah di SD 027977 Binjai.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi