Wilfried: Pembelaan Wartawan Berjalan Efektif Selama Kepemimpinan Hermansjah

Wilfried: Pembelaan Wartawan Berjalan Efektif Selama Kepemimpinan Hermansjah
Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan/Wakabid Hukum PWI Sumut, Wilfried Sinaga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan/Wakabid Hukum PWI Sumut, Wilfried Sinaga menegaskan, 5 tahun kepemimpinan Hermansjah sebagai Ketua PWI Sumut, bantuan advokasi bagi anggota di seluruh daerah berjalan efektif dan sangat baik.

"Saya selalu diutus Hermansjah memberikan bantuan advokasi kepada seluruh anggota PWI di Kabupaten/Kota se-Sumut di lima tahun kepemimpinannya," tegasnya dalam acara temu ramah dengan para anggota biasa PWI se-kawasan Tabagsel di Rumah Makan Batu Nadua Indah, Kota Padangsidimpuan, Kamis (12/8) malam.

Namun sangat disayangkan, lanjutnya, sejumlah kasus yang ditangani berujung damai, sehingga tidak berlanjut ke ranah hukum.

"Kelemahan selalu datang dari korban yang bersedia berdamai dengan pelaku, meski kita terus menekankan agar diproses sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers," ujarnya.

Lebih lanjut Wilfried mengungkapkan, dalam kasus penganiayaan terhadap wartawan Harian SIB di Sibolga juga sudah ada tawaran damai, namun kita tolak.

"Pemred Harian SIB mendukung penuh agar kasus ini berlanjut ke ranah hukum. Beliau sudah berteleponan dengan Hermansjah dan wartawan SIB Sibolga yang menjadi korban penganiayaan saat sedang menjalankan tugas jurnalistik itu," ungkapnya.

Di kesempatan itu, Wilfried juga menepis tudingan yang menyebut advokasi hukum bagi anggota PWI Sumut lemah.

"Itu tudingan yang tidak berdasar, di masa kepemimpinan Hermansjah sudah setengah Kabupaten/Kota di Sumut yang kami datangi untuk memberikan pembelaan terhadap wartawan," tegasnya.

Wilfried menambahkan, komitmen yang ditunjukkan Hermansjah dalam membela atau memberikan bantuan hukum kepada insan pers, khususnya yang bernaung di organisasi PWI layak mendapat apresiasi dengan mendudukkannya kembali menjadi Ketua PWI Sumut 2 priode.

"Hermansjah sangat layak kembali memimpin PWI Sumut, mari kita berikan dukungan penuh," imbuhnya, dihadapan para anggota PWI se-kawasan Tabagsel.

(HERS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi