Guru TK Diedukasi Cara Menarik Perhatian, Motivasi, dan Keinginan Belajar Siswa

Guru TK Diedukasi Cara Menarik Perhatian, Motivasi, dan Keinginan Belajar Siswa
Edukasi guru TK (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pembelajaran aktif sangat menyenangkan bagi siswa, apalagi pada siswa Taman Kanak-kanak (TK). Pembelajaran saat ini menuntut guru memiliki kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran, agar siswa merasa tidak bosan saat pembelajaran berlangsung.

Dosen PGSD FKIP UMSU, Chairunnisa Amelia, dan Indah Pratiwi, melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di TK dengan membuat pelatihan pengembangan media pembelajaran.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangakan kreatifitas yang dimiliki guru dalam menarik perhatian, motivasi, dan keinginan belajar siswa dengan media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang dibuat dan direkam sendiri oleh gurunya,” kata Chairunnisa, Sabtu (14/8).

Dijelskannya, PKM ini merupakan dana internal oleh UMSU. PKM ini dilaksanakan di 2 TK, yaitu TK/RA Almunawaroh dan TK Dewantara. Kegiatan ini masuk program pengembangan literasi sekolah.

“Pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan terhadap gurunya, merancang media pembelajaran edukatif untuk membantu siswa belajar, baik secara daring maupun luring,” ujarnya.

PKM ini dilaksanakan dengan 2 cara, yaitu dengan berkunjung langsung dan memberikan pelatihan langsung kepada guru TK/RA tersebut.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama dalam PKM ini dapat membantu mengenalkan media pembelajaran, serta meningkatkan motorik siswa untuk mengenal literasi sekolah sejak dini,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi