PKM Dosen UMSU, Latih Guru TK Kembangkan Media Pembelajaran

PKM Dosen UMSU, Latih Guru TK Kembangkan Media Pembelajaran
PKM dosen UMSU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Beragam cara untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, baik secara daring maupun luring. Guru dituntut untuk memiliki kreativitas agar pembelajaran tidak terasa membosankan atau hanya sekedar memberikan tugas ke siswa, khusunya siswa TK/RA.

Dosen PGSD FKIP UMSU, Indah Pratiwi dan Chairunnisa Amelia, melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Taman Kanak-kanak (TK) dengan membuat pelatihan pengembangan media pembelajaran.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangakan kreativitas yang dimiliki oleh guru dalam menarik perhatian, motivasi, dan keinginan belajar siswanya dengan media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang dibuat dan direkam sendiri oleh gurunya.

“PKM ini merupakan dana internal UMSU. PKM ini dilaksanakan di 2 TK, yaitu TK/RA Darussalam dan TK/RA Al- Fattah. Kegiatan ini masuk program pengembangan literasi sekolah,” kata Indah, Sabtu (14/8).

Pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan terhadap gurunya, merancang media pembelajaran untuk membantu siswa belajara baik secara daring maupun luring, dan nantinya media pembelajaran tersebut direkam dan dikirim ke masing-masing siswa lengkap dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru.

PKM ini dilaksanakan dengan 2 cara, yaitu dengan berkunjung langsung dan memberikan pelatihan langsung kepada guru TK/RA tersebut, dan ada juga sekolah yang meminta pelatihan dilakukan dengan cara daring, yaitu menggunakan Google Meet dikarenakan sekolah tersebut tidak melakukan pembelajaran secara tatap muka, baik siswanya maupun gurunya.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama dalam PKM ini dapat membantu mengenalkan media pembelajaran disekolahnya sendiri, serta meningkatkan motorik siswa untuk mengenal literasi sekolah sejak dini,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi