Bandicam Jadi Alternatif Media Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Bagi Guru SMP

Bandicam Jadi Alternatif Media Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Bagi Guru SMP
Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Bandicam bagi guru-guru SMP Bina Satria Mulia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam memanfaatkan media pembelajaran online, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan lebih menarik, interaktif, komunikatif, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan dilaksanakan oleh Tim PKM FKIP UMSU yang terdiri dari 3 Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang diketuai Pirman Ginting, anggota Yenni Hasnah, Diani Syahputri, serta melibatkan 3 mahasiswa.

“PKM ini diawali dengan melakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah terkait masalah pelaksanaan pembelajaran daring yang dihadapi guru selama Masa Covid-19,” kata Pirman, Sabtu (14/8/2021).

Selanjutnya, dilaksanakan pelatihan inovasi media pembelajaran berbasis Bandicam dengan harapan para guru dapat mengaplikasikan media pembelajaran yang lebih menarik dalam kegiatan pembeajaran, khususnya pembelajaran onine.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dimulai dengan penyampaian kata sambutan oleh Pirman yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yayasan yang senantiasa bersedia sebagai mitra PKM.

Selanjutnya, Zulaspan Tupti sebagai ketua yayasan juga menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan. Zulaspan mengapresiasi baik kegiatan ini dan menyatakan kesediaan sebagai mitra untuk program-program PKM selanjutnya.

Kemudian, agenda utama terkait dengan penggunaan Bandicam dimulai dengan pemaparan beberapa konsep sederhana, tanya jawab, praktik, sekaligus pendampingan terhadap para peserta.

“Setelah para peserta mampu mengaplikasikan media pembelajaran Bandicam, evaluasi singkat dan sederhana dilakukan dengan tanya jawab secara lisan oleh tim PKM,” ucap Pirman.

Berdasarkan hasil kegiatan tersebut, para guru menyatakan kegiatan ini sangat baik bagi mereka dalam meningkatkan wawasan dan kreativitas para guru untuk menerapkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, terkhusus dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring.

“Sehingga siswa akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi