Terkendala Covid-19, Grand Prix Jepang Dibatalkan

Terkendala Covid-19, Grand Prix Jepang Dibatalkan
Para pembalap Formula One (RV RACING PRESS)

Analisadaily.com, Jepang - Grand Prix Jepang dibatalkan menyusul diskusi dengan pemerintah dan ras promotor, Formula One sebagai penyelenggara.

Balapan di Suzuka telah dijadwalkan pada 10 Oktober, antara acara di Turki dan Amerika Serikat.

"Keputusan telah diambil pemerintah Jepang untuk membatalkan balapan musim ini karena kompleksitas pandemi yang sedang berlangsung di negara itu," kata F1 dalam sebuah pernyataan.

"Formula 1 sekarang sedang mengerjakan rincian kalender yang direvisi dan akan mengumumkan rincian akhir dalam beberapa minggu mendatang," bunyi pernyataan FI dilansir dari Marca, Rabu (18/8).

Keputusan itu membuat terganggu kalender F1 balapan berbasis Asia musim ini menyusul pembatalan GP Australia dan Singapura dan penundaan GP China di Shanghai untuk waktu yang tidak ditentukan.

Pembatalan dan penundaan balapan tahun lalu pada awal pandemi berarti musim 2020 tidak dimulai hingga Juli, dan dikompres menjadi 17 jadwal balapan hingga Desember.

"Formula 1 telah membuktikan tahun ini, dan pada tahun 2020, bahwa kami dapat beradaptasi dan menemukan solusi untuk ketidakpastian yang sedang berlangsung dan sangat antusias dengan tingkat minat dari lokasi untuk menjadi tuan rumah acara Formula 1 tahun ini dan seterusnya," kata F1 dalam pernyataannya.

Sebagian besar seri sedang dipentaskan di Eropa dan Timur Tengah musim ini, dengan penyelenggara awalnya merencanakan 23 balapan.

Balapan ke-11 diadakan akhir pekan lalu, ketika pembalap Prancis Esteban Ocon memenangkan Grand Prix Hungaria yang kacau di depan Lewis Hamilton.

Pemerintah Jepang mendorong Olimpiade Tokyo , yang ditunda satu tahun karena pandemi virus Corona.

Infeksi baru di Tokyo meningkat tiga kali lipat selama 17 hari Olimpiade, yang berakhir pada 8 Agustus, meskipun para ahli medis mengatakan lonjakan itu tidak terkait langsung dengan Olimpiade.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi