Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Membuat Hidup Lebih Kaya

Konsep Hidup Orang Jepang yang Bisa Membuat Hidup Lebih Kaya
Kota di Jepang. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Fasilitas bank digital dengan beragam fiturnya saat ini mempermudah kita untuk mengatur keuangan lebih baik lagi. Hasilnya bisa jadi lebih optimal jika kita menerapkan pola hidup dan kebiasaan yang tepat. Dalam hal ini kamu bisa mulai mencontoh konsep hidup yang diterapkan oleh orang Jepang.

Masyarakat Jepang dikenal memiliki sikap disiplin yang tinggi. Kamu bisa meniru konsep hidup mereka agar bisa memperbaiki kondisi hidupmu sendiri. Khususnya bagi kamu yang punya masalah keuangan. Yuk, cari tahu apa saja konsep hidup orang Jepang yang bisa ditiru demi finansial lebih baik.

Konsep Hidup Orang Jepang yang Perlu Kamu Tiru

Orang Jepang ternyata punya beberapa konsep hidup yang menarik. Jika diterapkan, ternyata konsep hidup mereka bisa membuat kondisi finansialmu jadi lebih baik. Bahkan kamu bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi dan menjadi kaya.

Tentunya dibutuhkan niat dan konsistensi dalam hal ini. Pastikan kamu benar-benar ingin memahami seperti apa konsep hidup mereka dan menerapkannya dengan tepat. Berikut ini beberapa konsep hidup orang Jepang yang bisa kamu tiru demi kondisi finansial lebih baik menurut Liputan6:

  • Kaizen

Pertama ada kaizen yang berarti perbaikan secara terus-menerus. Konsep hidup ini membawa orang Jepang pada kemajuan yang konsisten. Mereka tidak diam di satu titik namun kehidupan mereka terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Konsep hidup seperti ini bisa jadi acuan bagi kamu untuk berkembang, terutama dari segi finansial. Kamu harus berusaha untuk terus maju dan selalu melakukan perbaikan dari hari ke hari. Pastikan bahwa kamu selalu menjadi lebih baik dari kamu yang sebelumnya.

Upaya untuk terus memperbaiki diri dan kompetensi ini bisa menjadi modal untuk mendapatkan lebih banyak pemasukan. Kamu bisa selalu upgrade kemampuan dan memulai langkah dalam pengembangan diri. Meskipun langkahnya kecil, namun paling tidak hal tersebut bisa membawa kemajuan bagi dirimu.

  • Gaman

Selanjutnya ada gaman yang berarti ketekunan. Ini merupakan sebuah konsep hidup dimana seseorang harus selalu tekun. Dalam dunia finansial, ketekunan benar-benar bisa membantu kamu untuk bertahan dan mendapatkan kondisi yang jauh lebih baik.

Ketekunan akan membantu kamu bisa mencapai target finansial secara efektif. Saat menabung maupun berinvestasi, kamu harus selalu tekun dan konsisten. Ketekunan dalam menabung dan berinvestasi akan membantu kamu mencapai profit yang optimal.

Selain itu pengelolaan finansial juga butuh ketekunan yang tinggi. Jika kamu menyerah di tengah jalan dan tidak mengelola keuangan dengan baik maka bisa berantakan. Kamu harus tekun mencatat pemasukan, pengeluaran, dan mengatur pemakaian keuangan dengan baik.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan layanan bank digital. Lewat layanan ini kamu bisa membuka beberapa akun tabungan yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur investasi yang sekarang mudah diakses melalui layanan tersebut. Tabungan dan investasi jadi lebih mudah dikelola secara fleksibel kapan saja kamu mau.

  • Oubaitori

Kamu juga perlu meniru konsep oubaitori yang diterapkan oleh orang Jepang. Oubaitori merupakan karakter kanji yang melambangkan 4 pohon di musim semi yaitu persik, aprikot, prem, dan bunga sakura. Konsep hidup berdasarkan oubaitori ini memiliki makna yang mendalam.

Arti dari konsep hidup ini yaitu kita harus memahami bahwa setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing. Kita bertumbuh dengan cara yang berbeda-beda. Pencapaian yang kamu dapatkan saat ini juga mungkin berbeda dengan orang lain dan itu bukan sebuah masalah.

Jika kamu menerapkan konsep ini dalam kehidupanmu maka kamu akan lebih mudah bersyukur terhadap hidup dan pencapaianmu. Selain itu kamu juga lebih mudah menyesuaikan pengeluaran dengan kemampuanmu. Kamu tidak akan mudah mengeluarkan uang hanya untuk mengikuti orang lain.

Banyak orang yang kesulitan mengontrol finansialnya karena terlalu sering mengikuti arus tren. Mereka mudah iri dengan pencapaian orang lain dan memaksakan diri untuk bertingkah seperti orang-orang tersebut. Akhirnya mereka tidak bisa mengontrol keuangan sendiri.

  • Mottainai

Berikutnya ada mottainai yang artinya adalah mensyukuri apa yang sudah ada. Orang Jepang menerapkan konsep hidup ini agar mereka bisa mengoptimalkan apa yang sudah ada. Mereka mencoba mensyukuri semua yang sudah ada dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Melalui konsep ini kamu bisa mengoptimalkan pemasukanmu dengan baik. Penghasilan yang kamu miliki dapat kamu pakai secara optimal. Pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu dan kamu bisa lebih bersyukur dengan apa yang sudah kamu dapatkan.

Selain itu konsep ini juga mengajarkan kamu untuk lebih bijak dan cermat dalam berinvestasi. Uang yang kamu miliki harus bisa dimanfaatkan dengan baik dan diputar agar bisa menghasilkan lebih banyak. Ini bisa menjadi motivasi bagimu untuk berinvestasi secara konsisten.

Apalagi sekarang fasilitas untuk berinvestasi dan mengelola keuangan semakin lengkap. Kamu bisa menggunakan layanan bank digital yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Semua uang yang kamu miliki bisa dioptimalkan profitnya melalui layanan tersebut.

  • Wabi-sabi

Ada lagi konsep hidup orang Jepang yang bisa kamu terapkan dalam pengelolaan finansial yaitu wabi-sabi. Ini merupakan konsep hidup yang mendekatkan kita pada ketidaksempurnaan. Konsep ini mengajarkan kita agar bisa menerima ketidaksempurnaan dan menyadari tidak ada yang kekal.

Sepertinya konsep ini sangat cocok untuk diterapkan saat kamu berinvestasi. Dalam dunia investasi, kamu harus menyadari bahwa tidak semua instrumen bisa memberi performa optimal. Bahkan kamu harus menghadapi status investasi yang sering naik turun atau fluktuatif.

Kamu harus memahami bahwa instrumen investasimu tidak selamanya akan naik atau turun. Pasti akan ada waktu dimana kondisi tersebut berubah. Jadi kamu harus bisa menerima ketidaksempurnaan hasil investasimu dan tetap konsisten.

Konsistensi di tengah hasil investasi yang kurang memuaskan akan membantu kamu mendapat keuntungan optimal. Apapun hasilnya kamu tetap berusaha konsisten berinvestasi. Apalagi sekarang ada bank digital yang mempermudah kamu untuk terus berinvestasi tanpa henti.

Kelola Keuanganmu dengan Cermat Melalui Bank Digital

Kini kamu bisa mengelola keuanganmu dengan lebih cermat dan bijak sesuai konsep hidup orang Jepang di digibank by DBS. Bank digital terbaik di Indonesia ini memiliki banyak fitur layanan yang menguntungkan. Berikut beberapa kelebihan yang dapat kamu nikmati di sini:

  • Having fun lebih maksimal dan hidupmu juga jadi lebih all-out. Kamu bisa transfer kemana saja gratis tanpa kuota dan bayar ini itu sat set pakai QRIS.

  • Masa depan jadi lebih aman karena pengelolaan finansial lebih mudah. Kamu bisa nabung dengan bunga tinggi di 20 dompet dan punya investasi mulai dari Rp100 ribu di lebih dari 120 pilihan.

  • Semua aman dalam satu genggaman. Kamu bisa apply kartu kredit dan KTA kapan saja dengan approval 60 Detik.

Melalui bank digital digibank by DBS kamu bisa atur keuangan lebih mudah dan praktis dari mana saja. Berbagai jenis transaksi juga bisa lebih mudah dan cepat. Langsung saja download aplikasinya di App Store atau Play Store untuk informasi lebih lengkap.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi