Inovasi Myting Plus 4.0 Dalam Pembelajaran Akuntansi oleh Mahasiswa UMSU

Inovasi Myting Plus 4.0 Dalam Pembelajaran Akuntansi oleh Mahasiswa UMSU
Myting Plus 4.0 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Salah satu Tim yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil menghadirkan inovasi baru, yakni produk Myting Plus 4.0 berhasil lolos pendanaan pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan Kemdikbud Tahun 2021.

Dengan judul “Myting Plus 4.0 dalam Pembelajaran Akuntansi Sebagai Upaya Transformasi Digital Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” tim tersebut diketuai Lola Fadhillah dari prodi Pendidikan Akuntansi (FKIP) bersama keempat rekannya, Alifah Hanum dari prodi Manajemen (FEB), Mutasya Biha dari prodi Bahasa Inggris (FKIP), Peny Eriska dari prodi Ilmu Komunikasi (FISIP), Suci Khairani dari prodi Pendidikan Akuntansi (FKIP) didampingi dosen pendamping, Faisal R. Dongoran.

“Myting 4.0 ini merupakan gubrakan dari problem yang ada di lingkungan sekitar, melihat teman-teman di bangku kuliah yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan MYOB Accounting, mengingat MYOB Accountingmerupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti dalam Program Studi Akuntansi,” kata ketua tim, Lola, Rabu (1/9).

“Dengan permasalahan tersebut, kami coba untuk memberikan solusi dengan menghadirkan produk Myting 4.0 ini, dengan harapan semoga dapat memudahkan siswa atau mahasiswa yang berada di jurusan akuntansi dalam memahami cara mengoperasikan MYOB Accounting,” tutur Lola.

Produk Myting merupakan Buku panduan yang disusun sebagai langkah praktis dalam mengoperasikan MYOB Accounting, mulai dari tahapan awal hingga penyusunan laporan keuangan. Selain itu, dilengkapi dengan aplikasi yang memuat video pembelajaran MYOB Accounting, dengan tujuan memudahkan pengguna dalam memahami Alur pembelajaran MYOB itu sendiri.

“Sasaran penggunanya tidak hanya teman-teman yang berada di bangku kuliah dengan program studi Akuntansi, tetapi juga adik-adik yang berada di SMK jurusan Akuntansi yang juga mempelajari MYOB Accounting,” jelas Suci Khairani selaku PIC Keuangan.

Produk Myting 4.0 ini dipasarkan dengan harga Rp 124.000/per paket yang sudah include buku dan aplikasi. Dapat dipesan di social media seperti Instagram: @Myting_official Facebook: Myting Official. Serta marketplace yakni Shopee dan tokopedia dengan nama toko: MytingOfficial.

Era Revolusi Industri 4.0 menuntut generasi muda untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat, dengan pemanfaatan aplikasi digital pembelajaran MYOB Accounting diharapkan dapat lebih mudah, serta efektif dan efisien.

“InsyaAllah, inovasi kami ini dapat memberikan solusi bagi siswa atau mahasiswa yang berada di jurusan Akuntansi untuk dapat mengerti dan mudah mengoperasikan MYOB Accounting dan juga mohon doanya agar bisa sampai ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS 2021),” ujar Faisal, selaku dosen pendamping.

Diharapkan Inovasi Myting 4.0 dapat memberikan kontribusi perkembangan Inovasi pembelajan digital bagi dunia pendidikan di Indonesia, khususnya bagi siswa serta mahasiswa jurusan Akuntansi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi