Siswa SMK Pesantren Bukhori IIBS Dilatih Buat Robot Surveillance

Siswa SMK Pesantren Bukhori IIBS Dilatih Buat Robot Surveillance
Siswa SMK Pesantren Bukhori IIBS dilatih buat Robot Surveillance (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sergai – Siswa SMK Pesantren Bukhori Islamic Internasional Boarding School (IIBS) yang terletak di Jalan Pendidikan Dusun III, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjalani pelatihan pembuatan robot Surveillance.

Pelatihan bidang robotik kepada siswa SMK Pesantren Bukhori IIBS merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Tigor Hamongan Nasution beranggotakan Ainul Hizriadi (Teknologi Informasi), Fahmi (Teknik Elektro) serta Soeharwinto(Teknik Elektro) guna memberikan kemampuan kepada siswa untuk merancang robot sederhana.

“Dapat dikendalikan jarak jauh dengan menggunakan jaringan komputer. Dan ini sesuai dengan kompetensi dan kurikulum yang ada di SMK Pesanter Bukhori IIBS,” kata Tigor, Minggu (5/9).

Tigor mengatakan, dalam pelatihan itu difasilitasi dengan beberapa modul pelatihan robotik yang dapat digunakan siswa untuk pembelajaran di bidang robotik khususnya robot Surveillance.

“Robot Surveillance merupakan jenis robot yang digunakan untuk melakukan pengawasan pada suatu daerah atau medan tertentu yang dapat dikendalikan jarak jauh. Robot tersebut umumnya dilengkapi komunikasi jarak jauh yang dapat digunakan untuk mengirim data jarak jauh,” terangnya.

Disebutkannya, robot Surveillance terbagi dari beberapa jenis yang dapat menjangkau berbagai medan seperti darat, air, udara. Tigor mengatakan dari beberapa jenis itu, timnya melangsungkan pelatihan merancang jenis robot Surveillance khususnya darat.

“Robot tersebut dilengkapi kamera yang dapat mengirim gambar ke perangkat pengendali di smartphone yang terhubung melalui jaringan nirkabel dengan protokol Wifi,” jelasnya.

Tigor menambahkan, sistem komunikasi robot dengan menggunakan Wifi banyak digunakan dalam perancangan robotik karena kecepatan dan jangkauannya yang cukup memadai.

Pembina Yayasan Bukhori Foundation, Sisi mengungkapkan, pengabdian dengan melatih membuat robot tersebut sejalan dengan visi Pesantren Bukhori IIBS salah satunya menjadikan siswanya unggul dalam bidang Informasi Teknologi (IT).

“Visi itu diusung untuk mendukung kebutuhan industri IT baik Internasional maupun nasional dan berkarakter islami,” sebutnya.

Sisi pun tak menampik selama ini masih menjadi fokus utamanya menjadikan lulusan pesantren memiliki penguasa terhadap bidang IT untuk bersaing pada dunia profesional. Dengan adanya pengabdian pelatihan bidang robotik itu, lulusan pesantren khususnya Bukhori IIBS bisa bersaing di kanca internasional dalam bidang IT khususnya robotik.

“Setiap anak akan dipersiapkan untuk memiliki keterampilan dan sertifikasi untuk berkiprah di dunia internasional,” pungkasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi