Tiga Pemimpin Kristen Dunia Bicara Soal Perubahan Iklim

Tiga Pemimpin Kristen Dunia Bicara Soal Perubahan Iklim
Paus Fransiskus (Reuters/Guglielmo Mangiapane)

Analisadaily.com, Vatican City - Tiga pemimpin Kristen utama dunia mengeluarkan seruan bersama yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada anggota Gereja mereka untuk "mendengarkan seruan bumi" dan mendukung tindakan membendung dampak perubahan iklim.

Dalam "Pesan Bersama untuk Perlindungan Ciptaan," Paus Fransiskus, Uskup Agung Canterbury Justin Welby dan Patriark Ekumenis Ortodoks Bartholomew meminta umat Kristiani berdoa agar para pemimpin dunia pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) di Glasgow pada November membuat pilihan yang berani.

“Kami menyerukan kepada semua orang, apa pun keyakinan atau pandangan dunianya, untuk berusaha mendengarkan tangisan bumi dan orang-orang miskin, memeriksa perilaku mereka dan menjanjikan pengorbanan yang berarti demi bumi yang telah diberikan Tuhan kepada kita,” pesan pemuka agama itu.

Francis mengepalai Gereja Katolik Roma yang beranggotakan 1.3 miliar orang, Bartholomew adalah pemimpin spiritual dari sekitar 220 juta orang Kristen Ortodoks di dunia dan Welby adalah uskup senior dari Komuni Anglikan di seluruh dunia, yang memiliki sekitar 85 juta anggota.

Ketiganya sangat aktif dalam urusan lingkungan dan sepakat bahwa perubahan iklim dan pemanasan global setidaknya sebagian disebabkan oleh aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil.

"Kami berdiri di hadapan keadilan yang keras, hilangnya keanekaragaman hayati, degradasi lingkungan, dan perubahan iklim adalah konsekuensi tak terelakkan dari tindakan kami, karena kami telah dengan rakus mengkonsumsi lebih banyak sumber daya bumi daripada yang dapat ditanggung planet ini," kata pesan itu dilansir dari Channel News Asia dan Reuters, Rabu (8/9).

Dikatakan peristiwa cuaca ekstrem baru-baru ini, bencana alam, banjir, kebakaran, kekeringan dan naiknya permukaan laut telah menunjukkan bahwa perubahan iklim bukan hanya tantangan masa depan, tetapi masalah kelangsungan hidup yang mendesak dan mendesak.

Eropa mengalami musim panas terpanas tahun ini, meskipun hanya dengan selisih kecil di atas dua suhu tertinggi sebelumnya untuk Juni-Agustus, para ilmuwan Uni Eropa mengatakan sebelumnya pada hari Selasa, dan kelompok-kelompok hijau telah menyerukan agar konferensi COP26 ditunda.

Biasanya delegasi dari lebih dari 190 negara menghadiri pembicaraan tahunan, namun dengan banyak negara bergulat dengan Covid-19 dan negara-negara miskin berjuang untuk mengakses vaksin, itu harus ditunda, kata Jaringan Aksi Iklim (CAN).

Para uskup Skotlandia mengatakan Paus Fransiskus, yang menjalani operasi usus pada Juli, akan ambil bagian dalam konferensi Glasgow, jika kesehatan mengizinkan.

Seorang juru bicara Welby mengatakan dia akan hadir. Kantor Bartholomew tidak segera menanggapi email tentang rencananya.

Pada 4 Oktober, Vatikan akan menjadi tuan rumah pertemuan besar para pemimpin agama dunia dan ilmuwan untuk mengambil sikap bersama untuk meningkatkan taruhan menjelang konferensi Glasgow.

Disebut "Iman dan Sains: Menuju COP26," sedang diselenggarakan oleh Inggris dan Italia. Ini akan mempertemukan sekitar 40 pemimpin dari agama-agama besar dunia dan 10 ilmuwan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi