SMK Negeri I Dolokmasihul Ditetapkan sebagai Sekolah Pusat Keunggulan

SMK Negeri I Dolokmasihul Ditetapkan sebagai Sekolah Pusat Keunggulan
SMK Negeri I Dolokmasihul (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Dolokmasihul - SMK Negeri I Dolokmasihul Serdang Bedagai dipimpin Rasimah, merupakan SMK yang akan dikembangkan menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).

SMK-PK adalah SMK yang akan dijadikan rujukan bagi sekolah-sekolah di sekitarnya. Dalam mengembangkan SMK PK diperlukan beberapa tahapan-tahapan, antara lain Pengembangan Kurikulum yang diselaraskan dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

“Kemudian pemenuhan sarana dan prasarana (Gedung Praktikum dan Peralatan Praktikum). Selain itu juga mengembangkan sebuah produk unggulan yang bekerja sama dengan industri dunia kerja,” jelasnya, Sabtu (11/9).

SMK Negeri 1 Dolokmasihul yang mewakili Kabupaten Serdang Bedagai sebagai satu-satunya SMK Pusat Keunggulan yang ditetapkan oleh Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor : 22/D/O/2021 Tahun 2021 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021.

“Tahap I mengadakan pelatihan berupa Sosialisasi Program SMK Pusat Keunggulan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Paradigma Baru dengan narasumber berasal dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika Malang (BBPPeninjau MPV BOE). Kegiatan tersebut telah dilaksanakan,” sambungnya.

Kegiatan Sosialisasi Program SMK-PK tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Prof Syaifuddin. Dalam sambutanya Syaifuddin berpesan agar SMK Negeri 1 Dolokmasihul melaksanakan Program SMK-PK yang telah ditetapkanoleh Dirjen Pendidikan Vokasi dengan sepenuh tenaga (full power).

(FEL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi