Perpustakaan Didorong Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19

Perpustakaan Didorong Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19
Webinar bertema "Peran Perpustakaan Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh". (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UMSU bekerja sama Relawan Perpustakaan UMSU menggelar webinar dengan tajuk "Peran Perpustakaan Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh".

Webinar dibuka Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, diisi sambutan Ketua Umum Relawan Perpustakaan UMSU, Oktia Elfriza Batubara, pemateri Fithria Rizka, dan moderator Wirda Rizky Anggiani.

Arifin mengatakan, di tengah pandemi perpustakaan harus bisa melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Salah satu yang dilakukan UMSU sebagai kampus terbaik di Sumatera Utara (Sumut)melalui UPT Perpustakaan UMSU dengan menghadirkan layanan Perpustakaan Digital UMSU yang dapat didownload di playstore.

“Melalui Perpustakaan Digital ini, mahasiswa kini tidak perlu khawatir, ketika tidak dapat datang di perpustakaan mereka bisa membaca buku kapan, dan dimana saja dengan berkunjung ke perpustakaan digital dan membaca buku sepuasnya,” katanya, Sabtu (18/9).

Oktia Elfriza Batubara mengatakan, Relawan Perpustakaan UMSU dalam memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca membuat sejumlah kegiatan, sebelumnya mengadakan Lomba Membuat Blog tentang Perpustakaan Digital, kini membuat webinar peran Perpustakaan Digital dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh.

“Ke depan, akan dilaksanakan diskusi menulis buku dan lainnya,” ujarnya.

Pemateri Fithria Rizka mengatakan, pembelajaran jarak jauh memerlukan perencanaan yang matang, dan perpustakaan tentunya memiliki peran dan pengaruh karena perpustakaan merupakan sumber utama informasi, wadah untuk tepat menemukan sumber informasi.

“Perpustakana perlu terus berinovasi untuk mewadai para pengguna perpustakaan. Tidak hanya modal buku tercetak, inovasi baru perpustakaan menyediakan pelayanan,” katanya.

Dilanjutkan, inovasi di UPT Perpustakaan UMSU sudah lama terjadi sebelum pandemi yakni menghadirkan perpustakaan yang bisa menyalurkan informasi, cepat, tepat dan global. Usai webinar diumumkan peserta terbaik yang mendapat doorprize, Silvia Ramadani, Zahra Fitriyah R, dan Nurul Izzah.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi