Sofyan Tan Rayakan Ulang Tahun ke-62 Bersama Rakyat Kecil

Sofyan Tan Rayakan Ulang Tahun ke-62 Bersama Rakyat Kecil
Sofyan Tan saat merayakan ulang tahun ke-62 bersama rakyat kecil (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sofyan Tan mengatakan, usia boleh 62 tahun, tapi semangat saya masih 26 tahun. Hal ini dilontarkannya saat menyusuri permukiman para pemulung yang berada di Jalan Jaya Tani, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Sofyan Tan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-62 tahun bersama para pemulung. Momen ini sengaja dipilihnya, sebab bukan hanya saat reses saja harus bertemu dengan rakyat. Saat hari istimewa, Sofyan Tan merasa perlu merayakan kebahagian bersama rakyat kecil.

"Pemulung itu pekerjaan mulia. Sebagai kader PDI-P, saya diperintahkan merasakan penderitaan rakyat. Itu kenapa saya di sini," katanya, Minggu (26/9).

Bagi Sofyan Tan, sudah menjadi kebiasaan merayakan ulang tahun bersama rakyat kecil. Tahun sebelumnya, ia merayakan ulang tahun bersama para pengendara becak bermotor (betor) di Medan.

Pada tahun ini, anak tukang jahit tersebut berkesempatan merayakan ulang tahun bersama para pemulung. Sofyan Tan berjalan di tempat kumuh, masuk ke gubuk-gubuk warga, dan menyapa orang-orang yang lebih tua darinya.

"Sengaja saya tidak menggunakan uang untuk mengundang orang makan mewah. Ngapain orang yang sudah cukup untuk makan masih kita undang, untuk datang makan?" ujarnya.

Menurut Sofyan Tan, uang tersebut lebih baik digunakan untuk membantu warga yang kurang mampu. Kedatangannya ke kampung yang terkenal dengan sebutan Kompos tersebut juga ingin memotivasi para pemulung yang ada di sana.

Sofyan Tan ingin menunjukan bahwa anak pemulung juga bisa sukses dan sekolah tinggi. Ia juga membawa anak-anak penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke kampung tersebut.

"Pendidikan itu kunci untuk sukses. Jadi saya ingin dari anak pemulung ini nanti bukan hanya memulung sampah saja, tapi ke depan juga akan memulung harta kekayaan dari mana saja dengan kesuksesannya," ujar anggota DPR RI tersebut.

Setelah memotivasi para pemulung di Kompos, Sofyan Tan juga mengunjungi para pekerja yang memecahi kemiri di Jalan Penerbangan Medan. Seperti di Jalan Jaya Tani, ia juga memberikan beberapa bantuan sembako kepada warga.

Di sana, ia juga memotivasi para pemecah kemiri tersebut untuk sukses. Tampak warga sangat dekat dengan wakil rakyat tersebut. Mereka memberikan kejutan kepada Sofyan Tan dengan memberikan kue sebagai ucapan ulang tahun. Mereka bernyanyi bersama dan memberikan ucapan selamat kepada Sofyan Tan.

"Selamat ulang tahun Pak Sofyan. Kami bersyukur masih ada wakil rakyat yang peduli dengan kami dan datang ke kampung kami yang kumuh ini," kata Daslah, warga yang menerima bantuan Sofyan Tan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi