Gempa M4,5 Dirasakan di Sipirok

Gempa M4,5 Dirasakan di Sipirok
Gempa bumi M4,5 di Sipirok (BMKG)

Analisadaily.com, Sipirok - Wilayah Tapanuli Selatan dan sekitarnya kembali diguncang gempabumi tektonik, Selasa (28/9) pukul 13.53 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4,5.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 1.69 LU dan 99.15 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Barat Laut Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 3 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada segmen Toru,” kata Hartanto.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sipirok Tapanuli Selatan dengan Skala Intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ucapnya.

Hingga pukul 14.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 4 kejadian gempabumi pendahuluan (foreshock) dan ada 2 kejadian gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi